Penggambaran Pesan Informasi Vaksin Booster Melalui Instagram @kemenkes_ri (Analisis Isi Kualitatif Pesan Instagram Kemenkes RI Periode 12 Januari 2022 – 25 Juni 2022)

Ramadhan, Audy Rachmat (2022) Penggambaran Pesan Informasi Vaksin Booster Melalui Instagram @kemenkes_ri (Analisis Isi Kualitatif Pesan Instagram Kemenkes RI Periode 12 Januari 2022 – 25 Juni 2022). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (647kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengkonsumsi sebuah pesan informasi saat ini menjadi sebuah kebutuhan khusus guna mendapatkan informasi. Dengan adanya kegiatan vaksinasi booster yang dilaksanakan oleh pemerintah tentu saja dapat memberikan berbagai macam opini yang terbentuk dalam masyarakat. Hadirnya akun Instagram Kemenkes RI sebagai media untuk membagikan pesan informasi vaksin booster, dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi serta pengetahuan terkait dengan hal tersebut. Penelitian ini menggunakan bertujuan untuk melihat penggambaran pesan informasi vaksin booster melalui Instagram Kemenkes RI periode 12 Januari 2022 – 25 Juni 2022 menggunakan metode analisis (content analysis). Penggambaran ini ditinjau berdasarkan kepada message sideness, order of presentation, daya tarik pesan, dan kandungan pesan terhadap pesan Instagram Kemenkes RI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, lembar koding diuji dengan rumus Holsti dengan hasil reliable > 0,88 = 88%. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penggambaran pesan informasi vaksin booster melalui Instagram Kemenkes RI cenderung menampilkan sebuah pesan yang rasional atau dapat dibuktikan dengan data sehingga memiliki kualitas pesan informasi yang baik dan dapat diterima oleh masyarakat. Sedangkan pesan persuasif memiliki jumlah yang paling sedikit apabila dibandingkan dengan pesan persuasif yang mana seharusnya Kemenkes RI lebih mengajak masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi booster.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pesan, Pesan Informasi, Vaksin Booster, Kemenkes RI, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Audy Rachmat Ramadhan
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:13
Last Modified: 01 Feb 2023 04:13
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item View Item