Fasilitas Informasi untuk Penyandang Tunanetra, Studi Kasus di Sekolah Raudlatul Makfufin

Ghifari, - (2023) Fasilitas Informasi untuk Penyandang Tunanetra, Studi Kasus di Sekolah Raudlatul Makfufin. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah penyandang disabilitas yang lumayan tinggi dengan perkiraan jumlah hampir mencapai 17 juta orang, salah satu penyandang disabilitas tersebut ada penyandang tunanetra dengan perkiraan jumlah mencapai 4 juta orang. Rata-rata penyandang tunanetra menempuh pendidikan di institusi pendidikan yaitu salah satunya seperti di Sekolah Tunanetra Raudlatul Makfufin. Dimana para tunanetra mempelajari berbagai macam hal seperti cara mengingat, mendengar sumber bunyi, meraba serta berjalan dengan cara khusus atau dikenal dengan orientasi mobilitas bagi penyandang tunanetra. Setiap institusi pendidikan khusus disabilitas harus memiliki fasiltias yang dapat menunjang dalam kegiatan para guru dan juga siswa siswinya untuk kegiatan keseharian di lingkungan pendidikan maupun dalam proses belajar mengajar, tetapi masih saja ada institusi pendidikan khusus disabilitas di Indonesia yang masih kekurangan fasilitas untuk di lingkungan pendidikannya. Salah satunya adalah sebuah Sekolah khusus tunanetra; Raudlatul Makfufin. Jika fasilitas tersebut sudah ada biasanya tidak lengkap dan terkadang kurang memadai seperti fasilitas untuk penyandang tunanetra di sekolah khusus tunanetra, dimana harusnya sekolah khusus tersebut mendapat bantuan lebih berupa fasilitas yang memadai seperti halnya berupa produk yang dapat membantu tunanetra dalam memperoleh informasi area sekitar dan juga membantu menunjukan arah serta produk dapat menjangkau berbagai area dan tidak terbatas hanya pada guiding block saja. Pemerintah Indonesia bisa menerapkannya pada sekitar area tempat umum di seluruh Indonesia agar penyandang disabilitas seperti penyandang tunanetra dapat menggunakan fasilitas yang layak baik di dalam institusi pendidikan maupun di area umum sekitar mereka.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Informasi, Institusi Pendidikan, Tuna Netra, Alat Bantu Tunanetra, Perilaku Manusia
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Produk
Depositing User: Mr Ghifari Ghifari
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:48
Last Modified: 10 Feb 2023 01:48
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item View Item