Rahmadani, Yuwono Alya Gina (2023) Hubungan Antara Emotional Intelligence dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Pertama di Pulau Jawa. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (645kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (168kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (107kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (198kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (514kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (223kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tahun pertama di perguruan tinggi merupakan tahun yang menegangkan bagi para mahasiswa karena mahasiswa tahun pertama menghadapi banyak kesulitan dan hambatan. Mahasiswa tingkat pertama sering mengalami shock transisi karena perubahan lingkungan mereka dari sekolah menengah ke perguruan tinggi. pembelajaran di perguruan tinggi berbeda dari yang dilaksanakan di sekolah menengah. Mahasiswa yang berada di jenjang perguruan tinggi dituntut agar dapat lebih mandiri dan mampu dalam mengambil keputusan sendiri yang membuatnya seringkali merasakan stres akademik. Emotional Intelligence juga memiliki peran yang sangat penting dengan stress akademik yang dimiliki mahasiswa tingkat pertama.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara emotional Intelligence dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Trait Emotional Intelligence Quistionnaire Short Form (TEIQUE-SF) dan Student Life-Stress Inventory (SLSI) Desain penelitian deskriptif-korelasi digunakan. Responden yang terkumpuln pada penelitian adalah 456 mahasiswa tingkat pertama. Frekuensi, distribusi persentase, rata-rata tertimbang, standar deviasi, dan uji koefisien korelasi sperarman rho digunakan untuk menganalisis dan memperlakukan data yang dikumpulkan. Responden menunjukkan kecerdasan emosional yang rendah dengan rata-rata keseluruhan (M = 71,557; SD=25,597). Tingkat stres responden juga tinggi dengan rata keseluruhan (M = 177,943; SD=28,625). Hubungan signifikan negatif sedang antara emotional Intelligence dan stres (r =-0,560). Kesimpulan dari hasil penelitian ini terdap at hubungan negatif antara emotional Intelligence dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama di Pulau Jawa.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emotional Intelligence, Stres Akademik, dan Mahasiswa tahun pertama |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi |
Depositing User: | Yuwono Alya Gina Rahmadani |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 00:45 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 00:45 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6224 |
Actions (login required)
View Item |