Hubungan Antara Emotional Intelligence dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Pertama di Pulau Jawa

Rahmadani, Yuwono Alya Gina (2023) Hubungan Antara Emotional Intelligence dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Pertama di Pulau Jawa. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (645kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (168kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tahun pertama di perguruan tinggi merupakan tahun yang menegangkan bagi para mahasiswa karena mahasiswa tahun pertama menghadapi banyak kesulitan dan hambatan. Mahasiswa tingkat pertama sering mengalami shock transisi karena perubahan lingkungan mereka dari sekolah menengah ke perguruan tinggi. pembelajaran di perguruan tinggi berbeda dari yang dilaksanakan di sekolah menengah. Mahasiswa yang berada di jenjang perguruan tinggi dituntut agar dapat lebih mandiri dan mampu dalam mengambil keputusan sendiri yang membuatnya seringkali merasakan stres akademik. Emotional Intelligence juga memiliki peran yang sangat penting dengan stress akademik yang dimiliki mahasiswa tingkat pertama.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara emotional Intelligence dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Trait Emotional Intelligence Quistionnaire Short Form (TEIQUE-SF) dan Student Life-Stress Inventory (SLSI) Desain penelitian deskriptif-korelasi digunakan. Responden yang terkumpuln pada penelitian adalah 456 mahasiswa tingkat pertama. Frekuensi, distribusi persentase, rata-rata tertimbang, standar deviasi, dan uji koefisien korelasi sperarman rho digunakan untuk menganalisis dan memperlakukan data yang dikumpulkan. Responden menunjukkan kecerdasan emosional yang rendah dengan rata-rata keseluruhan (M = 71,557; SD=25,597). Tingkat stres responden juga tinggi dengan rata keseluruhan (M = 177,943; SD=28,625). Hubungan signifikan negatif sedang antara emotional Intelligence dan stres (r =-0,560). Kesimpulan dari hasil penelitian ini terdap at hubungan negatif antara emotional Intelligence dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama di Pulau Jawa.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Emotional Intelligence, Stres Akademik, dan Mahasiswa tahun pertama
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Yuwono Alya Gina Rahmadani
Date Deposited: 14 Jul 2023 00:45
Last Modified: 14 Jul 2023 00:45
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6224

Actions (login required)

View Item View Item