Hubungan Critical Thinking Disposition dengan Perceived Academic Control pada Mahasiswa Tingkat 1

Amalia, Nisa (2023) Hubungan Critical Thinking Disposition dengan Perceived Academic Control pada Mahasiswa Tingkat 1. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (548kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (183kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (284kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (213kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (224kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (325kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (130kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (408kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (487kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (564kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa akan menghadapi berbagai tantangan selama menjalani tahun pertama di perguruan tinggi, di mana critical thinking disposition dan perceived academic control memiliki peran yang penting pada kehidupan perkuliahan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara critical thinking disposition dengan perceived academic control pada mahasiswa tingkat 1. Variabel critical thinking disposition diukur dengan Short Form Critical Thinking Disposition Inventory Chinese Version (SF-CTDI-CV) yang dikembangkan oleh Ruslan (2013), sedangkan variabel perceived academic control diukur dengan Perceived Academic Control Scale (PACS) milik Perry et al. (2001). Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dan pengolahan data dilakukan dengan uji korelasi teknik nonparametrik Spearman’s correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara critical thinking disposition dengan perceived academic control rho=0,638, p=<0,001. Hasil ini mengindikasi bahwa semakin tinggi critical thinking disposition, maka akan semakin tinggi perceived academic control, dan sebaliknya.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: critical thinking disposition, perceived academic control, mahasiswa tingkat 1, perguruan tinggi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Mrs Nisa Amalia
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:14
Last Modified: 20 Jul 2023 01:14
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6318

Actions (login required)

View Item View Item