Analisis Kualitatif Isi Pesan Kesehatan Mental dengan Hastag #DemiKesehatanMental pada Akun Instagram @mudahbergaul (Periode 1 November 2022 – 30 Januari 2023)

Wardana, Danu (2023) Analisis Kualitatif Isi Pesan Kesehatan Mental dengan Hastag #DemiKesehatanMental pada Akun Instagram @mudahbergaul (Periode 1 November 2022 – 30 Januari 2023). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (445kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (178kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (144kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (99kB)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (243kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (971kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kualitatif terhadap isi pesan kesehatan mental yang menggunakan hashtag #demikesehatanmental pada akun Instagram @mudahbergaul. Penelitian ini dilakukan pada periode 1 November 2022 hingga 30 Januari 2023.Metode analisis kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi dan memahami konten pesan kesehatan mental yang disampaikan melalui akun Instagram @mudahbergaul. Pesan-pesan yang menggunakan hashtag #demikesehatanmental akan dikategorikan dan dianalisis berdasarkan dimensi message sideness, order of presentation, daya tarik pesan, dan kandungan pesan. Hasil penelitian ini terdapat kategori message sideness dengan indikator One Side berjumlah 81% dan Two Side 60%, lalu kategori Order Of Presentation dengan indikator climax yaitu 10 %, anti-climax 71 %, Recency 4% dan Primacy 14%, lalu daya tarik pesan Fear/Threat Appeal sebanyak 11%, emotional appeal 13%, rational appeals 44%, motivational appeals 26 % dan humoris 0%, lalu kategori kandungan pesan dengan indikator pesan informatif sebanyak 79% dan pesan persuasif 21%, dengan penilaian tersebut bahwa konten Instagram @mudahbergaul secara keseluruhan efektif dalam menyampaikan pesan-pesan kesehatan mental kepada audiens, daya tarik pesan yang kuat, dan kandungan pesan yang beragam dapat membantu mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan, dengan presentase dimensi pesan one side, urutan penyajian anti-climax serta daya tarik pesan rational appeals dan kandungan pesan yang informatif.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis kualitatif, pesan kesehatan mental, Instagram, #demikesehatanmental, media sosial.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Danu Wardana
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:10
Last Modified: 26 Jul 2023 01:10
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6713

Actions (login required)

View Item View Item