Penggambaran Pesan Edukasi Penyakit Tbc Melalui Kampanye di Instagram (Analisis Isi Kualitatif Kampanye TBC di Akun @tbc.indonesia dan @stoptbindonesia Periode Februari 2022 - Januari 2023)

Febria, Kayla Niken (2023) Penggambaran Pesan Edukasi Penyakit Tbc Melalui Kampanye di Instagram (Analisis Isi Kualitatif Kampanye TBC di Akun @tbc.indonesia dan @stoptbindonesia Periode Februari 2022 - Januari 2023). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (460kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (175kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (129kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (257kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (165kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (156kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (152kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (202kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyakit Tuberkulosis (TBC) merupakan masalah serius di Indonesia. Meskipun ada vaksin dan obat-obatan, penanganan TBC masih belum optimal. Hanya sekitar 48% pasien TBC yang berhasil diidentifikasi, diobati, dan dilaporkan di Indonesia menurut Global TB Report 2021. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah dan organisasi swasta menggunakan Instagram sebagai media kampanye kesehatan TBC. Media sosial dipilih karena dapat menjangkau banyak orang dengan cepat. Dalam kampanye digital di bidang kesehatan, prinsip dan metode komunikasi kesehatan digunakan untuk memengaruhi perilaku masyarakat. Pemilihan media sosial harus disesuaikan dengan target audiens dan isi pesan kampanye yang ingin disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggambaran pesan penyakit TBC melalui kampanye di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dan fokus bahwa pesan yang dibangun melalui berdasarkan data yaitu tema & bentuk, dan berdasarkan konsep yaitu sifat & tanggapan. Penelitian ini memberikan gambaran pengemasan pesan penyakit TBC yang disampaikan melalui kampanye penyakit TBC di akun Instagram @tbc.indonesia & @stoptbindonesia. Sesuai pembahasan, menunjukkan tema fakta TBC paling sering diangkat dalam isi pesan dikarenakan tujuan kampanye untuk menginformasikan kepada audiens melalui informasi seputar TBC. Melalui sifat pesan informatif yakni untuk menginformasikan audiens tentang penyakit TBC. Bentuk gambar yang paling menonjol adalah gambar untuk @stoptbindonesia dikarenakan disini pengemasan pesan dimuat hanya dalam 1 konten saja. Sedangkan, @tbc.indonesia bentuk carousel sebab pesan yang disampaikan lebih detail sehingga membutuhkan lebih dari 1 konten. terakhir, tanggapan audiens positif terlihat dari interaksi melalui likes dan comments yang diberikan mereka pada setiap unggahan baik di akun @stoptbindonesia maupun @tbc.indonesa tentang TBC.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengemasan Pesan, Komunikasi Kesehatan, Instagram, Penyakit TBC
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kayla Niken Febria
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:14
Last Modified: 26 Jul 2023 01:14
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6754

Actions (login required)

View Item View Item