Desain Media Pembelajaran tentang Alat Musik Tiup Tradisional Indonesia untuk Anak Melalui Augmented Reality

Bayupradana, Ilham Fadhil (2024) Desain Media Pembelajaran tentang Alat Musik Tiup Tradisional Indonesia untuk Anak Melalui Augmented Reality. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (797kB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (339kB)
[img] Text
Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (408kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia memiliki sejarah panjang yang mencerminkan perjalanan bangsa dalam mencapai tujuan pembangunan nasional. Walaupun telah ada upaya terus-menerus untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan, beberapa tantangan seperti disparitas antar daerah, infrastruktur pendidikan yang masih perlu ditingkatkan, dan kualitas pengajaran yang belum optimal tetap menjadi isu yang perlu diatasi. Pendidikan sejarah musik tradisional Indonesia juga menghadapi tantangan, terutama dalam ketidaksesuaian antara metode pengajaran yang digunakan dengan minat siswa. Salah satu kendala utama adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam pengalaman langsung dengan musik tradisional, yang sering diajarkan secara teoritis tanpa pengalaman praktis yang memadai. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality, pengguna dapat mengakses informasi mendalam tentang sejarah, teknik bermain, dan karakteristik unik dari alat musik tradisional. AR memberikan pengalaman belajar interaktif dengan memproyeksikan model tiga dimensi dari alat musik ke lingkungan fisik sekitar siswa, memungkinkan mereka berinteraksi langsung dengan instrumen tersebut. Suling, sebagai contoh instrumen musik tradisional, menjadi fokus penelitian ini. Hasil evaluasi awal menunjukkan bahwa media pembelajaran AR dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, sambil memberikan pendekatan yang lebih menyenangkan dan efektif dalam memperoleh pengetahuan tentang alat musik tradisional. Penelitian ini memiliki potensi besar dalam meningkatkan pembelajaran alat musik tradisional serta mendukung pelestarian warisan budaya melalui pendekatan teknologi yang inovatif.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Alat Musik Tradisional, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Ilham Fadhil Bayupradana
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:02
Last Modified: 17 Jul 2024 09:11
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/8854

Actions (login required)

View Item View Item