Christiani, Angelina Debby (2024) Efektivitas Pesan Talkshow Politik Mata Najwa Nobar Debat Capres Ronde 5 (Studi Deskriptif Respon Pesan pada Generasi Z). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (453kB) |
|
Text
2. Abstract.pdf Download (243kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (201kB) |
|
Text
5. Daftar Gambar.pdf Download (236kB) |
|
Text
6. Daftar Tabel.pdf Download (237kB) |
|
Text
7. Daftar Lampiran.pdf Download (198kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (507kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (378kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (287kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (291kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (280kB) |
|
Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf Download (777kB) |
Abstract
Generasi Z merupakan kelompok usia yang menjadi pemilih mayoritas di pilpres 2024. Namum tidak semua remaja Generasi Z memiliki literasi politik yang memadai. Mata Najwa memproduksi talkshow debat politik seputar pilpres memanfaatkan platform YouTube untuk mendorong partisipasi aktif audiens di setiap tayangannya. Penelitian bertujuan mengetahui efektifitas tayangan Nobar Debat Capres ronde 5 pada kalangan Generasi Z. Penelitian menggunakan paradigma positivisme dan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Konsep utama dalam penelitian antara lain isi pesan, sumber pesan, dan eksekusi pesan dalam model Cognitive Response. Populasi penelitian adalah viewers tayangan Layar Tancap Mata Najwa Nobar Debat Capres Ronde Lima dengan jumlah terbanyak dibanding 4 ronde sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden mayoritas berusia 22-27 tahun. Perempuan menjadi mayoritas responden. Sebagian besar responden tinggal di luar Jabodetabek. Tayangan dinilai efektif oleh Generasi Z dengan nilai mean sebesar 3,604 untuk pesan, 3,645 untuk sumber pesan dan 3,668 untuk eksekusi pesan. Dapat disimpulkan dimensi isi pesan efektif karena lebih banyak support argument. Pada sumber pesan Najwa Shihab dan narasumber dinilai mampu menjadi source bolster. Pada eksekusi pesan, sebagain besar tanggapan menilai tayangan ini memiliki konsep yang kreatif dan kualitas audio visual yang baik. Dengan demikian, Nobar Debat Ronde 5 Mata Najwa dapat disimpulkan efektif karena audiens menerima secara kognitif pesan dalam tayangan.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cognitive Respon, Mata Najwa, Debat Capres, Generasi Z |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Angelina Debby Christiani |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:17 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:17 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9407 |
Actions (login required)
View Item |