Gambaran Kerja Shadow Teacher di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat House of Knowledge

Helwa, Helwa (2024) Gambaran Kerja Shadow Teacher di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat House of Knowledge. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (25kB)
[img] Text
3. Abstract.pdf

Download (25kB)
[img] Text
4. Orisinalitas.pdf

Download (187kB)
[img] Text
5. Lembar Pengesahan.pdf

Download (272kB)
[img] Text
6. Prakata.pdf

Download (79kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (62kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (51kB)
[img] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (50kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (52kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (795kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (30kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text
16. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
17. Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
18. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (651kB)
[img] Text
19. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (568kB)

Abstract

Fenomena meningkatnya jumlah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Indonesia memunculkan kebutuhan mendesak akan pendidikan inklusif yang melibatkan shadow teacher. Peran shadow teacher sangat penting dalam mendukung siswa ABK mengembangkan potensi mereka, termasuk melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman langsung di bidang pendidikan inklusif. Praktikan melaksanakan program kerja profesi sebagai shadow teacher di PKBM House of Knowledge selama empat bulan, mencakup 528 jam kerja. Tugas utama meliputi guru pendamping, psikotes, psikoedukasi, dan konseling. Hasil kerja menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan profesional praktikan, terutama dalam penerapan teori psikologi, intervensi perilaku, dan kolaborasi dengan guru, orang tua, serta psikolog. Mata kuliah relevan yang mendukung pelaksanaan tugas ini meliputi Psikologi Pendidikan, Diagnostik Industri, Psikodiagnostik, Pelatihan, Wawancara dan Observasi, dan Konseling. Program ini membekali lulusan dengan kompetensi sebagai pendidik inklusif yang tangguh dan adaptif, mempersiapkan mereka untuk berkarier di bidang pendidikan atau psikologi.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Guru Pendamping, Kerja Profesi, Pendidikan Inklusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Helwa Helwa
Date Deposited: 09 Jan 2025 06:32
Last Modified: 09 Jan 2025 06:35
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item