Gambaran Alur Kerja Shadow Teacher di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat House of Knowledge

Nurhalisa, Salsabila (2024) Gambaran Alur Kerja Shadow Teacher di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat House of Knowledge. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (70kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (133kB)
[img] Text
3. Abstract.pdf

Download (133kB)
[img] Text
4. Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (322kB)
[img] Text
5. Lembar Pengesahan.pdf

Download (284kB)
[img] Text
6. Prakata.pdf

Download (188kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (146kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (132kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (136kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (133kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (315kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (137kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
16. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
17. Lampiran-Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
18. Berita Acara Unggah Mandiri KTI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
19. Similarity Check.pdf

Download (673kB)

Abstract

Pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus tidak hanya dilayani di sekolah luar biasa atau sekolah khusus, tetapi juga di sekolah reguler atau sekolah yang menyediakan pendidikan inklusi. Pada pelaksanaan pendidikan inklusi, siswa berkebutuhan khusus akan didampingi oleh guru pendamping atau shadow teacher. Profesi shadow teacher atau guru pendamping berkaitan dengan bidang studi psikologi pendidikan dan dapat menjadi bidang kerja lulusan psikologi. Praktikan melaksanakan Kerja Profesi dengan skema MBKM sebagai shadow teacher di PKBM House of Knowledge yang merupakan sekolah berbasis inklusi, selama 529 jam atau setara dengan 88 hari kerja. Tugas utama praktikan yaitu menjadi guru pendamping, yang bertugas mendampingi siswa dan guru, serta melaksanakan asesmen berupa observasi, wawancara, dan psikotes. Praktikan juga melakukan tugas tambahan seperti, melaksanakan psikoedukasi berupa webinar dan pelatihan, serta melakukan konseling pada orang tua siswa.Pelaksanaan kerja profesi ini dapat memperkuat kompetensi praktikan di bidang psikologi pendidikan dan memberikan pengalaman langsung di dunia kerja.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Pendamping, Pendidikan Inklusi, Psikologi Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Salsabila Nurhalisa
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:34
Last Modified: 15 Jan 2025 03:34
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10313

Actions (login required)

View Item View Item