Kustaryanto, Raffi Rajendra (2025) Penyajian Infografis pada Instagram @Tirto.id (Analisis isi Kuantitatif sebagai Bentuk Pengemasan Informasi Periode Januari-Septemmber 2024). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text
ABSTRACK.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BERITA ACARA UNGGAH MANDIRI.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
BUKTI LOLOS SIMILIARITY.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemanfaatan infografis sebagai bentuk pengemasan informasi dalam era jurnalisme online, salah satunya dilakukan media Tirto melalui akun Instagram@tirto.id. Konsistensi yang tinggi dalam produksi dan publikasi infografis yang dilakukan media Tirto sejak tahun 2016 hingga saat ini melatarbelakangi pentingnya penelitian ini dilakukan. Adapun tujuan penelitian adalah menggambarkan pengemasan infografis pada Instagram @tirto.id periode Januari-September 2024. Untuk itu penelitian ini akan menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan indikator tipe infografis dari Mayank Yuvaraj. Lebih lanjut, pengemasan infografis diuraikan melalui kategori kuantitas, tema, dan tipe infografis serta tanggapan pembaca. Sejumlah konsep digunakan untuk menganalisis temuan diantaranya jurnalisme online, infografis, pesan, Instagram, tanggapan pembaca. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara kuantitas, infografis selama periode penelitian, termasuk tinggi dengan jumlah unggahan antara 39-57/bulan selama 6 bulan. Tema berita yang paling banyak dikemas dalam bentuk infografis adalah entertainment (42%) dibanding 11 tema lainnya. Sementara tipe infografis yang paling banyak diproduksi adalah tipe informational (95%). Sedang untuk tanggapan pembaca dilihat dari jumlah like, share dan comment rata-rata termasuk rendah. Namun diantara ketiga bentuk tanggapan pembaca tersebut, secara berurutan jumlahnya dari yang terbanyak adalah like, share dan comment.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Infografis, Instagram, Jurnalisme online, Tirto.id |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Raffi Rajendra Kustaryanto |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 08:11 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 08:39 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |