Evaluasi Kinerja dan Pelayanan Gerbang Tol Segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang (Studi Kasus: Gerbang Tol Kelapa Gading)

Alisiyah, Ridho Faqih (2025) Evaluasi Kinerja dan Pelayanan Gerbang Tol Segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang (Studi Kasus: Gerbang Tol Kelapa Gading). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (667kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (654kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (672kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (650kB)
[img] Text
Hasil Plagiarisme.pdf

Download (630kB)

Abstract

Jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian dari sistem jaringan jalan dan berfungsi sebagai jalan nasional, jalan tol dirancang untuk memungkinkan arus lalu lintas yang lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan jalan biasa dengan pengendalian akses yang ketat karena setiap penggunanya diwajibkan membayar tol. Salah satu masalah utama di jalan tol adalah kemacetan di gerbang tol yang disebabkan oleh ketidaksesuaian antara jumlah gerbang dengan volume kendaraan yang lalu-lalang. Proses transaksi yang memakan waktu lama semakin memperparah kondisi ini. Oleh karena itu tugas akhir ini membahas tentang evluasi antrian yang terjadi pada gerbang tol Kelapa Gading karena sering terjadi antrian pada gerbang tol tersebut, terutama pada jam – jam sibuk. Diperlukan evaluasi terhadap kinerja gerbang tol untuk menentukan jumlah gardu tol yang optimal dalam menampung volume kendaraan saat ini dan di masa mendatang. Pada tugas akhir ini analisa yang dilakukan yaitu, analisa tingkat kedatangan, waktu pelayanan, intensitas lalu lintas serta analisa antrian. Untuk memenuhi analisa tersebut diperlukan data yang di sruvei yaitu tingkat kedatangan kendaraan, waktu pelayanan, dan Panjang antrian. Hasil dari analisa evaluasi gerbang tol dapat diketahui tingkat kedatangan kendaraan pada gerbang tol Kelapa Gading sebesar 494 kendaraan/jam/gardu. Jumlah gardu tol yang tetap dibutuhkan untuk gerbang tol Kelapa Gading adalah 2 Gardu dengan masing-masing satu gardu untuk GTO single dan GTO multi. Dari hasil analisa peramalan tahun 2029, jumlah gardu tol yang dibutuhkan untuk gerbang tol Kelapa Gading adalah 4 Gardu dengan masing-masing dua gardu untuk GTO single dan GTO multi. Untuk waktu pelayanan baik GTO single ataupun GTO multi telah memenuhi syarat waktu pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan syarat < 5 detik/kendaraan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Kinerja dan Pelayanan, Gerbang Tol
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Ridho Faqih Alisiyah
Date Deposited: 13 Feb 2025 03:25
Last Modified: 13 Feb 2025 03:26
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item View Item