Nurwahyudi, Putri (2025) Gambaran Alur Kerja Profesi Asisten Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 7 Kota Tangerang Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
3. Abstract.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
5. Lembar Pengesahan.pdf Download (654kB) |
![]() |
Text
6. Prakata.pdf Download (715kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (812kB) |
![]() |
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
11. BAB 1.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
12. BAB 2.pdf Download (596kB) |
![]() |
Text
13. BAB 3.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
14. BAB 4.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
16. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
17. Lampiran- Lampiran.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
18. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text
19. Bukti Cek Similarity.pdf Download (749kB) |
Abstract
Guru Bimbingan dan Konseling merupakan seorang profesional yang memberikan penyuluhan dan memberi layanan dalam menangani permasalahan peserta didik. Bidang ini menjadi peran yang sangat penting. Di dunia pendidikan, bidang Bimbingan dan Konseling berfungsi sebagai pendukung peserta didik dalam proses perkembangannya serta penanganan permasalahan yang dihadapi selama berada di lingkungan sekolah. Bidang Bimbingan dan Konseling sangat membutuhkan guru yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang Psikologi, namun di Indonesia sendiri masih sedikit Guru Bimbingan dan Konseling yang merupakan lulusan sarjana ilmu Psikologi. Untuk menjadi guru pada bidang Bimbingan dan Konseling diperlukan kualifikasi yang memadai, seperti keterampilan dan pemahaman pada teori dan praktik konseling, observasi, serta psikoedukasi. Dalam memenuhi kualifikasi tersebut, Universitas Pembangunan Jaya mengadakan dan mendukung mahasiswa untuk melakukan program Kerja Profesi (KP) untuk meminalisir kesenjangan pada keterampilan hard skill maupun soft skill dan kompetensi mahasiswa dengan kebutuhan di dunia kerja, serta memungkinkan mahasiswa bersaing dan memenuhi kualifikasi pekerjaan setelah lulus. Praktikan melaksanakan Kerja Profesi (KP) sebagai Asisten Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 7 Kota Tangerang Selatan. Pada bidang ini, Praktikan melakukan tugas psikoedukasi di kelas maupun seminar, layanan konseling, dan observasi tingkah laku kepada peserta didik SMP. Selain itu, Praktikan juga memiliki tugas tambahan membuat kuesioner survei layanan Bimbingan dan Konseling (BK) peserta didik, menjadi pemateri di kelas untuk kepentingan kegiatan pesantren kilat, dan merekap absensi untuk peninjauan pemasalahan peserta didik. Selama Kerja Profesi, Praktikan memperoleh gambaran alur kerja bidang Bimbingan dan Konseling, mengasah kemampuan observasi dan konseling di ruang lingkup pendidikan, melatih kemampuan manajemen kelas, meningkatkan kreativitas dalam perancangan materi psikoedukasi, keterampilan komunikasi, kepercayaan diri, ketelitian, serta mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari diperkuliahan.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asisten Guru Bimbingan dan Konseling, Kerja Profesi, Peserta didik SMP, Konseling, Observasi, Psikoedukasi |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi |
Depositing User: | Putri Nurwahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:47 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:49 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |