Pengaruh Artificial Intelligence terhadap Keputusan Pembelian melalui Customer Experience pada Produk Decorative Wardah (Studi pada Fitur Personal Color Analysis by Wardah)

Kholid, Elisa Nur (2025) Pengaruh Artificial Intelligence terhadap Keputusan Pembelian melalui Customer Experience pada Produk Decorative Wardah (Studi pada Fitur Personal Color Analysis by Wardah). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (396kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (637kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh artificial intelligence dalam fitur personal color analysis terhadap keputusan pembelian produk decorative Wardah, dengan customer experience sebagai variabel intervening. Seiring perkembangan teknologi digital, khususnya di industri kecantikan, integrasi artificial intelligence (AI) menjadi salah satu strategi inovatif yang digunakan merek kosmetik seperti Wardah untuk meningkatkan pengalaman konsumen dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 135 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara daring, dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI berpengaruh signifikan terhadap customer experience (O = 0,657; T = 7,087; p < 0,001), dan customer experience juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (O = 0,381; T = 2,426; p = 0,008). Selain itu, AI berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian (O = 0,377; T = 2,418; p = 0,008) dan juga secara tidak langsung melalui mediasi customer experience (O = 0,250; T = 1,819; p = 0,034). Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi AI dalam interaksi konsumen mampu meningkatkan kualitas pengalaman pengguna dan memperkuat kecenderungan untuk melakukan pembelian produk kecantikan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence, Customer Experience, Keputusan Pembelian, Wardah, PLS-SEM
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Elisa Nur Kholid
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:00
Last Modified: 30 Jul 2025 03:01
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11352

Actions (login required)

View Item View Item