Edwina, Aisyah Fitri Mutiara (2025) Strategi Pengemasan Berita Video Pendek pada Media Daring (Studi Deskriptif Kualitatif pada YouTube Shorts Kompas.com). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
Pendahuluan.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
Bukti Lolos Similarity.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan pada era digital menuntur adanya perkembangan produk jurnalistik untuk media massa. Kompas.com menjadi salah satu media sosial yang menjadi pionir media daring di Indonesia. Kompas.com saat ini turut aktif pada media sosial untuk menyebarkan berita. Salah satu format berita yang saat ini digunakan oleh Kompas.com yaitu adalah video berita pendek. Video berita pendek merupakan berita yang dikemas secara singkat dalam sebuah video yang berdurasi 15-60 detik. Format video berita pendek digunakan oleh Kompas.com pada media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Youtube. Penelitian ini memfokuskan pada berita video pendek yang terdapat pada Youtube Shorts Kompas.com sebagai media sosial dengan pengikut paling banyak dibandingkan dengan media sosial lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara kualitatif. Wawancara akan dilakukan secara mendalam dengan keempat informan yang dapat mewakilkan team news dan media sosial dari Kompas.com. Alat ukur yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendoman wawancara yang berdasarkan pada konsep-konsep pada penelitian. Pedoman wawancara akan dibuat berbeda untuk setiap informan dengan latar pekerjaan yang berbeda. Strategi pengemasan berita video pendek Kompas.com mengikuti tahapan share, optimize, manage, dan engage dalam The Circular Model of SoMe secara sirkular dan saling memperkuat. Tema peristiwa regional dan penyajian yang menarik terbukti paling berkontribusi pada keterlibatan audiens, dengan kekuatan visual dan relevansi isu lebih berpengaruh dibanding format suara atau ajakan interaksi. Kompas.com juga tetap menjunjung nilai jurnalistik, menjadikan YouTube Shorts sebagai platform distribusi yang efektif untuk menjangkau audiens digital.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengemasan Berita, Berita Video Pendek, Media Daring |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Aisyah Fitri Mutiara Edwina |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:47 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 07:48 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |