Purba, Frieza Saputra (2025) Analisis Konflik Lalu Lintas Simpang Empat Tak Bersinyal Menggunakan Metode TCT (Traffic Conflict Technique) (Studi Kasus Simpang Empat (Perempatan) Duren, Ciputat, Kota Tangerang Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf Download (725kB) |
![]() |
Text
Bukti Lolos Similarity.pdf Download (418kB) |
Abstract
Seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia setiap tahunnya, yang berdampak langsung pada peningkatan volume lalu lintas dan resiko konflik yang berpotensi terjadinya kecelakaan, khususnya pada Persimpangan Empat Duren (Perempatan Duren) yang tidak dilengkapi dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah konflik dan mengukur tingkat keseriusan konflik pada simpang empat tak bersinyal berdasarkan metode Traffic Conflict Technique (TCT) dengan menganalisis kejadian konflik yang hampir terjadi (near miss accident) melalui pendekatan Conflicting Speed dan Time to Accident. Analisis konflik dilakukan melalui observasi video yang telah dikumpulkan selama tiga hari pengamatan, yaitu pada hari Selasa dan Kamis sebagai hari kerja, dan hari Sabtu sebagai hari libur. Pengamatan dilakukan pada saat off peak hour yaitu pada pukul 10.00-12.00 WIB dan 13.00-15.00 WIB. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah konflik yang terjadi pada Persimpangan Empat Duren ditemukan dua jenis konflik, yaitu crossing dan merging dengan jumlah konflik yang paling dominan yaitu konflik crossing, dengan persentase sebesar 85,71% dengan total keseluruhan konflik sebanyak 455 konflik. Seluruh konflik yang terjadi menunjukkan bahwa 316 (69,45%) konflik termasuk kategori serious conflict dan 139 (30,55%) tergolong dalam non-serious conflict.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Traffic Conflict Technique, Simpang Tak Bersinyal, Serious Conflict, Non-Serious Conflict |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Teknik Sipil |
Depositing User: | Frieza Saputra Purba |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:09 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:13 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |