Perancangan Kampanye “#MinumAjaDulu” sebagai Media Awareness tentang Pentingnya Air Putih untuk Tubuh dengan Media Komik Strip

Ferdiansyah, Astri Wahyu Putri (2025) Perancangan Kampanye “#MinumAjaDulu” sebagai Media Awareness tentang Pentingnya Air Putih untuk Tubuh dengan Media Komik Strip. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Daftar Pusaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (622kB)

Abstract

Masalah yang terjadi di kalangan remaja Indonesia saat ini adalah rendahnya kesadaran akan pentingnya konsumsi air putih yang cukup setiap hari. Kurangnya edukasi mengenai manfaat air putih serta maraknya konsumsi minuman manis menjadi penyebab utama kurangnya asupan cairan pada remaja. Kondisi ini berdampak pada berbagai gejala dehidrasi seperti kelelahan, kurang fokus, hingga gangguan kesehatan lainnya. Berdasarkan temuan tersebut, penulis merancang kampanye visual melalui media komik strip digital dengan pendekatan edukatif yang ringan dan komunikatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi literatur. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kesadaran remaja usia 12-18 tahun mengenai pentingnya konsumsi air putih setiap hari secara cukup melalui media visual yang informatif dan menarik. Penelitian ini berfokus pada analisa kebiasaan konsumsi air putih pada remaja serta pendekatan visual dan bahasa yang sesuai dengan karakteristik di sosial media. Data yang diperoleh digunakan untuk merancang media kampanye dalam bentuk komik strip yang dipublikasikan si Instagram.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Komik, Komik Strip, Desain Grafis
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Astri Wahyu Putri Ferdiansyah
Date Deposited: 31 Jul 2025 10:39
Last Modified: 31 Jul 2025 10:39
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11617

Actions (login required)

View Item View Item