Perancangan Aplikasi Game Galasin sebagai Permainan Tradisonal Betawi untuk menggali Nilai Nilai Budaya Gen Alpha

Damayanti, Alifya (2025) Perancangan Aplikasi Game Galasin sebagai Permainan Tradisonal Betawi untuk menggali Nilai Nilai Budaya Gen Alpha. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (695kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (938kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Pustakka.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (950kB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri .pdf

Download (295kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (670kB)

Abstract

Galasin adalah permainan tradisional khas Betawi yang dimainkan secara berkelompok, dengan tujuan menghalangi lawan melewati batas area permainan. Permainan ini mengajarkan nilai-nilai seperti kerja sama, sportivitas, dan ketangkasan, modernisasi membuat Galasin semakin jarang dimainkan oleh anak-anak, penelitian ini bertujuan merancang aplikasi game Galasin sebagai media edukasi interaktif yang relevan bagi Gen Alpha, khususnya siswa sekolah dasar. Aplikasi ini dirancang agar anak-anak dapat bermain sekaligus belajar nilai-nilai budaya Betawi secara menyenangkan melalui perangkat digital. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi literatur, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain aplikasi yang efektif perlu memuat fitur interaktif, elemen visual khas Betawi (seperti warna merah, hijau, kuning dari ondel-ondel dan rumah adat), serta narasi budaya yang edukatif. Dengan pendekatan ini, diharapkan Galasin dapat kembali dikenal dan dilestarikan oleh generasi muda di era digital.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukasi, Lingkungan Perairan, Peningkatan Kesadaran.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Alifya Damayanti
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:56
Last Modified: 30 Jul 2025 01:57
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11621

Actions (login required)

View Item View Item