Lukman, Muhammad Ruben (2025) Perancangan Kampanye Sosial “Eco-Cat” sebagai Gerakan Eco Friendly Fabric dengan Media Utama Video Motion Meme. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text
Daftar isi.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SPT-I-03-PERPUS-POB-02-F-06 Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text
Bukti Lolos Similiarity.pdf Download (545kB) |
Abstract
Industri fesyen konvensional menjadi salah satu penyumbang terbesar polusi dan limbah lingkungan, terutama melalui model bisnis fast fashion yang mendorong konsumsi berlebihan. Kampanye sosial “ECO-CAT” dirancang untuk meningkatkan kesadaran Generasi Z mengenai pentingnya memilih bahan pakaian yang ramah lingkungan (eco-friendly fabric) sebagai bagian dari gaya hidup berkelanjutan. Kampanye ini memanfaatkan media video motion meme yang humoris dan relevan untuk Gen Z, disebarkan melalui platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pencarian data berupa studi pustaka, observasi dan wawancara untuk merancang strategi kampanye berbasis meme yang kreatif, edukatif, dan interaktif. Hasil perancangan menunjukkan bahwa penggunaan humor dalam meme dapat menyampaikan pesan keberlanjutan dengan cara yang ringan, menarik, dan mudah diingat oleh audiens. Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak negatif industri fesyen konvensional dan mendorong perubahan perilaku konsumen ke arah pemilihan pakaian yang lebih bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sustainable Fashion, Eco-friendly Fabric, Kampanye Sosial, Video Motion meme, Generasi Z |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > NE Print media |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Muhammad Ruben Lukman |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:31 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:32 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |