Perancangan Kampanye Sosial “Eco-Cat” sebagai Gerakan Eco Friendly Fabric dengan Media Utama Video Motion Meme

Lukman, Muhammad Ruben (2025) Perancangan Kampanye Sosial “Eco-Cat” sebagai Gerakan Eco Friendly Fabric dengan Media Utama Video Motion Meme. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (595kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (570kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (622kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (636kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (443kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (521kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SPT-I-03-PERPUS-POB-02-F-06 Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf

Download (659kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similiarity.pdf

Download (545kB)

Abstract

Industri fesyen konvensional menjadi salah satu penyumbang terbesar polusi dan limbah lingkungan, terutama melalui model bisnis fast fashion yang mendorong konsumsi berlebihan. Kampanye sosial “ECO-CAT” dirancang untuk meningkatkan kesadaran Generasi Z mengenai pentingnya memilih bahan pakaian yang ramah lingkungan (eco-friendly fabric) sebagai bagian dari gaya hidup berkelanjutan. Kampanye ini memanfaatkan media video motion meme yang humoris dan relevan untuk Gen Z, disebarkan melalui platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pencarian data berupa studi pustaka, observasi dan wawancara untuk merancang strategi kampanye berbasis meme yang kreatif, edukatif, dan interaktif. Hasil perancangan menunjukkan bahwa penggunaan humor dalam meme dapat menyampaikan pesan keberlanjutan dengan cara yang ringan, menarik, dan mudah diingat oleh audiens. Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak negatif industri fesyen konvensional dan mendorong perubahan perilaku konsumen ke arah pemilihan pakaian yang lebih bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sustainable Fashion, Eco-friendly Fabric, Kampanye Sosial, Video Motion meme, Generasi Z
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Muhammad Ruben Lukman
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:31
Last Modified: 31 Jul 2025 05:32
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item