MOTIF DAN PENGGUNAAN FITUR STIKER WHATSAPP PADA GENERASI BABY BOOMERS

Theofilus, Lystra Elizabeth (2021) MOTIF DAN PENGGUNAAN FITUR STIKER WHATSAPP PADA GENERASI BABY BOOMERS. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (61kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui motif dan penggunaan fitur stiker whatsapp pada generasi baby boomers. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification untuk menjelaskan motif penggunaan fitur stiker pada Whatsapp yang di mana teori ini menjelaskan konsep motif penggunaan media menjadi empat, yaitu motif informasi, motif interaksi sosial, motif identitas diri dan juga motif hiburan. Penelitian ini juga didukung oleh teori Computer-Mediated Communication yang menjelaskan penggunaan fitur stiker sebagai bentuk komunikasi-nonverbal pada media digital. Generasi baby boomers yang merupakan kelompok digital immigrants merupakan kelompok pengguna media digital yang lahir pada saat teknologi digital belum ditemukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dengan cara wawancara. Penelitian ini menggunakan tiga informan sebagai narasumber yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria generasi baby boomers yang aktif dalam menggunakan fitur stiker pada Whatsapp. Hasil dari penelitian ini adalah yang menjadi motif yang mendasari penggunaan fitur stiker pada generasi baby boomers yaitu untuk membuat interaksi menjadi lebih ekspresif dan juga menarik. Selain itu salah satu motif yang melatarbelakangi penggunaan fitur stiker oleh generasi baby boomers adalah untuk menunjukkan kemampuan mereka sebagai kelompok digital immigrants yang ternyata mampu mengikuti perkembangan teknologi.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhafilah
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:02
Last Modified: 26 Jan 2022 07:02
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item