HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN ADAPTASI MAHASISWA PADA TAHUN PERTAMA PROGRAM BLENDED LEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA

Pratama, Dimas Dear (2021) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN ADAPTASI MAHASISWA PADA TAHUN PERTAMA PROGRAM BLENDED LEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (262kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini metode pembelajaran mulai memadukan metode belajar secara tatap muka dan secara online yang disebut dengan program blended learning. Program blended learning bisa diikuti oleh pekerja yang mayoritas ingin melanjutkan kuliahnya ke strata yang lebih tinggi. Adaptasi harus dimiliki oleh mahasiswa program blended learning agar dapat menyelesaikan tantangan pada tahun pertama berkuliah seperti beradaptasi dengan sistem akademik maupun lingkungan sosial. Agar dapat memenuhi tantangan dalam adaptasi dibutuhkan kemampuan yang dapat membantu mahasiswa beradaptasi yaitu regulasi diri. Apabila mahasiswa tidak mempunyai kemampuan adaptasi dan regulasi diri yang baik maka akan timbul masalah seperti rendahnya indeks prestasi semester hingga drop out. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi diri dengan adaptasi mahasiswa pada tahun pertama program blended learning universitas Pembangunan Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasi spearman untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri & adaptasi. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan alat ukur short self regulation questionnaire dan student adaptation college questionnaire pada mahasiswa program blended learning UPJ. Hasil penelitian menunjukan r =0,668 = 1 ; p <,001 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan adaptasi mahasiswa pada tahun pertama program blended learning universitas Pembangunan Jaya.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Regulasi diri, Adaptasi, Universitas Pembangunan Jaya
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Mr Dimas Dear Pratama
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:00
Last Modified: 07 Feb 2022 07:00
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item View Item