Pemaknaan Penonton Laki-Laki Etnis Betawi Terhadap Kesetaraan Gender Dalam Iklan-Iklan Femvertising (Analisis Resepsi Pada Pesan Iklan GoPay, Arisan Mapan, dan Kecap ABC)

Putri, Ina Nurfika (2022) Pemaknaan Penonton Laki-Laki Etnis Betawi Terhadap Kesetaraan Gender Dalam Iklan-Iklan Femvertising (Analisis Resepsi Pada Pesan Iklan GoPay, Arisan Mapan, dan Kecap ABC). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (898kB)
[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesan kesetaraan gender dalam iklan masih menjadi pesan minoritas dalam industri iklan yang cenderung male centric dan khalayak iklan yang kuat dipengaruhi budaya patriarkal. Pendekatan pesan iklan mengenai kesetaran peran pada umumnya menampilkan perempuan sebagai endorser utama yang berkiprah di ruang publik. Jarang didapati iklan yang menampilkan sosok laki-laki di wilayah domestik dan melakukan pekerjaan yang identik dengan perempuan. Iklan GoPay, Arisan Mapan dan Kecap ABC adalah tiga iklan yang berani menggunakan pendekatan pesan slice of life dengan menampilkan endorser laki-laki yang melakukan pekerjaan domestik. Sebuah pesan iklan yang memotret realitas dalam keseharian hidup, keluarga ini dapat dimaknai secara beragam oleh khalayak iklan pada masyarakat patriarkal. Salah satu kelompok etnis yang lekat dengan budaya patriarkal yang kuat adalah etnis Betawi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pemaknaan penonton laki-laki etnis Betawi pada pesan kesetaraan gender di dalam tiga iklan femverising tersebut. Penelitian menggunakan paradigma konstruktivis dengan jenis penelitian kualitatif dan metode analisis resepsi Stuart Hall. Hasil penelitian yang melibatkan lima informan laki-laki etnis Betawi dengan usia dewasa awal dan telah menikah menunjukkan terdapat tiga pemaknaan dominan dan dua pemaknaan negosiasi. Faktor-faktor yang paling berpengaruh dalam pemaknaan laki-laki etnis Betawi terhadap pesan iklan bertema kesetaraan gender adalah sosialiasi keluarga.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Femvertising, Kesetaraan Gender, Analisis Resepsi, Stuart Hall
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Ina Nurfika Putri
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:26
Last Modified: 14 Jul 2022 01:26
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item View Item