Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Skincare (Studi Kuantitatif pada Followers Akun Twitter @ohmybeautybank)

Mahardhita, Amanda Putri (2022) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Skincare (Studi Kuantitatif pada Followers Akun Twitter @ohmybeautybank). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (217kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (216kB)
[img] Text
4. Daftar isi.pdf

Download (218kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (217kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (218kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (213kB)
[img] Text
8. Bab 1.pdf

Download (455kB)
[img] Text
9. Bab 2.pdf

Download (431kB)
[img] Text
10. Bab 3.pdf

Download (623kB)
[img] Text
11. Bab 4.pdf

Download (922kB)
[img] Text
12. Bab 5.pdf

Download (223kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (458kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Twitter dijadikan sebagai salah satu platform yang tepat untuk membagikan atau memperoleh sebuah informasi. Hal ini dikarenakan Twitter dapat memberikan informasi mengenai sesuatu yang sedang trending pada saat tertentu, sehingga informasi yang didapatkan sifatnya cepat dan mudah untuk diakses karena informasi tersebut biasanya dapat diakses melalui hastag trending pada fitur yang disediakan oleh Twitter. Saat ini hadir akun-akun autobase yang disediakan untuk menjadi wadah komunikasi antar penggunanya, dengan ketertarikan atau minat yang berbeda-beda. Akun ini juga digunakan untuk memperoleh kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh pengikutnya. Akun @ohmybeautybank adalah salah satu akun yang membahas mengenai dunia kecantikan dan info-info lainya seputar kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh akun @ohmybeautybank dalam memenuhi kebutuhan informasi pengikutnya. Pentingnya penelitian ini adalah diharapkan @ohmybeautybank dapat dikethahui oleh banyak orang lainnya dan menjadi salah satu wadah komunikasi terbaru untuk memperoleh informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan teori Uses and Gratification. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menyebar kuesioner ke 400 responden yang sesuai kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung > F tabel (593, 483 > 3, 86) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,744 di mana hasil ini kuat, positif, dan satu arah. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini telah menjawab rumusan masalah, yaitu akun @ohmybeautybank berisikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan informasi followers dan memenuhi informasi mengenai dunia kecantikan secara lengkap.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ilmu Komunikasi, Pengunaan Media Sosial, Kebutuhan Informasi, Uses and Gratification, Twitter.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Amanda Putri Mahardhita
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:38
Last Modified: 18 Jul 2022 03:38
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/3094

Actions (login required)

View Item View Item