Analisis Mengatasi Kemacetan pada Persimpangan Tidak Bersinyal (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Menteng Raya – Cikini Bintaro)

Kurniya, Putri Ajeng (2022) Analisis Mengatasi Kemacetan pada Persimpangan Tidak Bersinyal (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Menteng Raya – Cikini Bintaro). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (527kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (81kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (84kB)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (346kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (180kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS MENGATASI KEMACETAN PADA PERSIMPANGAN TIDAK BERSINYAL Putri Ajeng Kurniya1), Fredy Jhon Philip Sitorus2), Pratika Riris Putrianti2) 1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pembangunan Jaya 2) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pembangunan Jaya Simpang Tak Bersinyal pada JL. Menteng Raya – JL. Cikini Bintaro memiliki aruskendaraan yang tinggi dan memiliki tingkat kemacetan yang cukup tinggi terutama pada jam-jam puncak seperti jam berangkat dan pulang beraktivitas. Dari permasalahan diatas perlu adanya analisa dan evaluasi kinerja pengaturan lalu lintas dari Simpang Tak Bersinyal menjadi Simpang Bersinyal, data primer yang diambil dari penelitian ini adalah volume kendaraan dan kondisi geometrik. Perhitungan Simpang Tak Bersinyal menjadi Simpang Bersinyal menggunakan metode MKJI 1997 yang diolah menggunakan program software Ms. Excel. Hasil perhitungan analisa Simpang Tak Bersinyal menggunakan jam puncak tertinggi yaitu Sabtu sore dengan perhitungan awal mencari nilai faktor – faktor penyesuaian sesuai acuan MKJI 1997 sehingga akan mendapatkan nilai DS sebesar 1,033 dan Tundaan tertinggi sebesar 20,67 det/smp. Kemudian perlu adanya pemecahan masalah dengan mengubahnya menjadi Simpang Bersinyal, yaitu melakukan perhitungan awal sesuai dengan Formulir SIG Simpang Bersinyal dan telah mendapatkan nilai DS sebesar 0,92 dan Tundaan menjadi rendah sebesar 15,98 det/smp. Kata Kunci: Simpang Tak Bersinyal, MKJI 1997, Tundaan, Simpang Bersinyal

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, MKJI 1997, Tundaan, Simpang Bersinyal
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Putri Ajeng Kurniya
Date Deposited: 22 Jul 2022 00:57
Last Modified: 22 Jul 2022 00:57
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item