Pemberitaan Fenomena Citayam Fashion Week pada Portal Media Online (Analisis Isi Kualitatif pada Portal Berita Kumparan.com, Detik.com, dan CNNIndonesia.com Periode Juli – Agustus 2022)

Yahya, Daniel Ananda (2022) Pemberitaan Fenomena Citayam Fashion Week pada Portal Media Online (Analisis Isi Kualitatif pada Portal Berita Kumparan.com, Detik.com, dan CNNIndonesia.com Periode Juli – Agustus 2022). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (624kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (13MB)

Abstract

Belakangan ini muncul komunitas anak muda yang berasal dari Depok, Citayam dan Bojong Gede membanjiri jalanan di kawasan bisnis dan perkantoran di jalan Sudirman, Jakarta. Mereka memunculkan fenomena baru disana, sebagai area publik untuk unjuk ekspresi. Lalu, muncullah ide kegiatan Citayam Fashion Week yang dikenal luas oleh masyarakat. Sejumlah media arus utama pun menjadikan fenomena ini sebagai berita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemberitaan mengenai Citayam Fashion Week dengan melihat dari jenis, sumber, gaya, nilai dan nada berita dari pemberitaan mengenai fenomena Citayam Fashion Week. Peneliti akan meneliti 339 berita yang terkait dengan Citayam Fashion Week di berita online Detik.com, Kumparan.com dan CNNIndonesia.com. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan paradigma Post Positivisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kumparan.com dalam kanal berita Kumparan News memiliki 57 berita Citayam Fashion Week tidak sebanding dengan Detik.com yang menyajikan 161 berita dalam kanal Detik News atau CNNIndonesia sebanyak 121 berita dalam kanal Nasional. Pemberitaan yang digunakan paling banyak adalah jenis berita hard news sebesar 42,77%, sumber berita pemerintah sebesar 34,8%, gaya berita informasi sebesar 69%, nilai berita orang penting sebesar 18,58%, dan nilai berita positif sebesar 47,19%.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Citayam Fashion Week, Analisis Isi, Kumparan.com, Detik.com, CNNIndonesia.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Daniel Ananda Yahya
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:17
Last Modified: 02 Feb 2023 02:17
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item