Analisis Pengalaman Pengguna Learning Management System (LMS) Universitas XYZ dengan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)

Ashati, Kayla (2024) Analisis Pengalaman Pengguna Learning Management System (LMS) Universitas XYZ dengan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (717kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (173kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SPT-I-03-PERPUS-POB-02-F-06 Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf

Download (359kB)

Abstract

Pembelajaran daring atau e-learning di perguruan tinggi telah menjadi suatu hal yang umum dan penting, terutama di era digital saat ini. Universitas XYZ merupakan salah satu universitas yang masih memanfaatkan teknologi e-learning sebagai layanan akademik. Mengukur cara pengguna berinteraksi dalam sebuah aplikasi sangat penting untuk memastikan kelancaran dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna pada Learning Management System (LMS) Universitas XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi usability dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil penelitian dari evaluasi usability menunjukkan aspek effectiveness mendapatkan hasil Task Completed Rate yaitu 100%, aspek efficiency mendapatkan Overall Relative Efficiency sebesar 100%, dan aspek satisfaction mendapatkan nilai kuesioner SUS dari 108 responden sebesar 64,4. Berdasarkan evaluasi usability dapat disimpulkan ketiga aspek mendapatkan nilai cenderung ke arah positif walaupun pada aspek satisfaction mendapatkan nilai di bawah rata-rata tetapi masih dapat diterima dengan baik. Selanjutnya hasil penelitian dari kuesioner UEQ dengan total 101 responden memberikan hasil tingkat kejelasan, daya tarik, efisiensi, dan ketepatan yang sangat baik serta tingkat stimulasi dan kebaruan yaitu normal atau bisa disebut cukup baik dan tidak buruk secara signifikan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pengalaman Pengguna, LMS, Pengujian Usability, User Experience Questionnaire.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Sistem Informasi
Depositing User: Kayla Ashati
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:33
Last Modified: 23 Jan 2024 03:34
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/7421

Actions (login required)

View Item View Item