Cahya Dewi, Alysia (2024) Pemaknaan Pesan Women Empowerment di Serial Emily in Paris Season 1 (Analisis Resepsi Stuart Hall Pada Karakter Emily oleh Perempuan Dewasa Awal). Other. Universitas Pembangunan Jaya.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (180kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (168kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (163kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (156kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (554kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (271kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
SPT-I-03-PERPUS-POB-02-F-06 Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa (1).pdf Download (664kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tema Women Empowerment pada karakter utama, Emily Cooper, dalam serial televisi "Emily in Paris." Serial ini, yang diproduksi oleh Darren Star, dimana serial ini mengangkat cerita seorang wanita yang pindah ke Paris untuk mengejar karier di industri mode. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana karakter Emily merepresentasikan dan mempengaruhi gagasan pemberdayaan perempuan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis model Stuart Hall analisis resepsi penerimaan penonton dalam penelitian ini akan menggunakan kerangka pemaknaan Encoding-Decoding dan dikategorikan menjadi tiga posisi pemaknaan yaitu dominan-hegemonis, posisi negosiasi, dan posisi oposisi. Informan dalam penelitian ini yaitu dikategorikan sebagai perempuan dewasa awal yang berusia 20-30 tahun. Berdasarkan hasil dari wawancara penelitian ini menunjukkan fokus utama penelitian adalah pada pemaknaan yang dipaparkan oleh informan terhadap pesan Women Empowerment yang disampaikan melalui karakter Emily. Hasil penelitian menunjukkan adanya dominan hegemoni yang didapatkan dari interpretasi khalayak terhadap pesan pemberdayaan perempuan dalam serial ini. Penelitian ini memberikan wawasan baru terkait peran media dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap konsep Women Empowerment. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pembuat kebijakan, produsen media, dan peneliti lain yang tertarik dalam memahami dampak representasi perempuan di media massa terhadap kesetaraan gender. Dalam menghasilkan pemaknaan posisi dominan hegemonis maka dapat dikatakan bahwa informan yang dimiliki oleh penelitian ini telah mengonfirmasi preferred reading yang diambil oleh peneliti dari narasi dalam artikel yang menyatakan bahwa adanya pesan “Woman Empowerment” yang terkandung dalam serial ini. Ketiga informan pada penelitian ini menyetujui preferred reading yang diambil peneliti sehingga dapat dimaknai televisi “Emily in Paris” yang mengandung pesan “Woman Empowerment” telah sampai pada informan Wanita dewasa awal.
Item Type: | Laporan Penelitian Dosen (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | women empowerment, serial televisi, analisis resepsi, perempuan dewasa awal |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Alysia Cahya Dewi |
Date Deposited: | 03 Feb 2024 08:16 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 08:17 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/7752 |
Actions (login required)
View Item |