Pembingkaian Sosok Joko Widodo Dalam Kebijakan Kenaikan Harga BBM di Media Online (Analisis Framing di Media Online Kompas.com dan CNNIndonesia.com Periode Juli - Oktober 2022)

Irwansyah, Muhammad Divo (2024) Pembingkaian Sosok Joko Widodo Dalam Kebijakan Kenaikan Harga BBM di Media Online (Analisis Framing di Media Online Kompas.com dan CNNIndonesia.com Periode Juli - Oktober 2022). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (268kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (149kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (212kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (168kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (122kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (125kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (121kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (284kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (767kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (295kB)

Abstract

Kebijakan kenaikan harga BBM era Jokowi sudah 6 kali dilakukan, Kenaikkan BBM pada tahun 2022 ini merupakan kali ke-7 Presiden Jokowi mengubah harga BBM. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan pembingkaian sosok Jokowi dalam kebijakan kenaikan harga BBM di media online Kompas.com sebagai media nasional Indonesia yang berlatar belakang media cetak dan CNNIndonesia.com yang dimiliki oleh Trans Media yang memiliki latar belakang Internasional dan perspektif local media nasional. Penelitian menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis framing Pan & Kosicki. Hasil penelitian menunjukan perbedaan pembingkaian antara Kompas.com dan CNNIndonesia.com dalam membingkai sosok Jokowi dalam kebijakan kenaikan harga BBM periode Juli – Oktober tahun 2022. Media online Kompas.com menggunakan kutipan narasumber didominasi Jokowi lebih menekankan sosok Jokowi berdasarkan pertimbangan matang atau cermat, memikirkan kebutuhan Masyarakat dan berfokus pada sosok Jokowi sebagai presiden yang mengambil kebijakan anggaran dengan penuh pertimbangan, yakni mengurangi subsidi BBM dan melakukan upaya untuk mengurangi dampaknya. Sedangkan CNNIndonesia.com Kutipan diambil dari beberapa narasumber dan didominasi oleh pernyataan pemerintah, lebih menunjukkan sosok Jokowi yang mengambil 'jalan pedang' atau sikap pejuang yang akhirnya menentukan sikap atas situasi tertentu, dan berfokus mengambil kebijakan anggaran dengan memikirkan Masyarakat yakni mengurangi kebijakan subsidi dan mengalihkan kepada Masyarakat melalui berbagai bantuan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Sosok Jokowi, Kebijakan Kenaikan Harga BBM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Divo Irwansyah
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:17
Last Modified: 13 Feb 2024 07:18
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/7893

Actions (login required)

View Item View Item