Perancangan Kursi Interaktif untuk Proses Memakai Alas Kaki dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Prasekolah

Panduwangi, Nendrasari (2024) Perancangan Kursi Interaktif untuk Proses Memakai Alas Kaki dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Prasekolah. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (196kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf

Download (677kB)
[img] Text
2020051010-NENDRASARI PANDUWANGI-TUGAS AKHIR-PLAGIARISME.pdf

Download (306kB)

Abstract

Anak usia prasekolah mengalami tahap perkembangan yang penting, namun memakai alas kaki dapat menjadi kegiatan yang enggan dilakukan oleh mereka. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis hambatan dan masalah yang dapat dihadapi anak dalam proses memakai alas kaki sehingga kursi yang dirancang dapat membantu meningkatkan kemandirian anak usia prasekolah pada aktivitas tersebut. Dengan melibatkan anak usia 3-6 tahun dalam proses penelitian, diharapkan dapat mengidentifikasi kendala yang dialami anak dan menawarkan solusi dengan mempertimbangkan kebutuhan serta preferensinya. Hasil menunjukkan kesulitan anak dapat meliputi memasukkan kaki ke dalam alas kaki, memakai alas kaki dengan stabil, dan posisi penggunaan yang tidak nyaman, sehingga perancangan kursi secara khusus untuk melatih keterampilan dengan cara yang menyenangkan dan edukatif, serta dapat meningkatkan keterlibatan anak dalam memakai alas kaki secara mandiri. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan inovasi baru mengenai peran furnitur dalam merangsang kemandirian dan keterampilan anak dengan potensi aplikasi yang lebih luas dalam konteks pendidikan anak.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Furnitur, Interaktif, Edukatif, Anak Prasekolah
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Produk
Depositing User: Nendrasari Panduwangi
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:23
Last Modified: 16 Jul 2024 01:23
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/8834

Actions (login required)

View Item View Item