Analisis dan Optimalisasi Satuan Ruang Parkir Sepeda Motor pada Kampus Universitas Pembangunan Jaya

Indraningrat, Markalef Wijaya (2024) Analisis dan Optimalisasi Satuan Ruang Parkir Sepeda Motor pada Kampus Universitas Pembangunan Jaya. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (430kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (101kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (115kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (99kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (101kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (95kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (666kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (430kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (6MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (671kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (635kB)

Abstract

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Kota Tangerang Selatan. UPJ perlu menyiapkan kebutuhan ruang parkir yang memadai karena bedasarkan statistik tahun 2022, jumlah pengguna sepeda motor pada Kota Tangerang Selatan berkisar sekitar 48%. UPJ belum memiliki satuan ruang parkir (SRP) yang memadai untuk kendaraan sepeda motor sehingga diperlukan analisis dan optimalisasi terhadap SRP. Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis kinerja SRP eksisting, menghitung karakteristik parkir, memprediksi kebutuhan SRP, dan mendesain SRP optimal kendaraan sepeda motor sesuai dengan Pedoman Kementerian Perhubungan. Penelitian dilakukan dengan survei volume kendaraan yang masuk dan keluar dan lahan parkir eksisting UPJ. Bedasarkan data hasil survei, didapatkan karakteristik parkir kendaraan sepeda motor dengan kapasitas parkir 688 kendaraan, volume parkir rata-rata 1019 kendaraan, akumulasi parkir tertinggi 685 kendaraan, indeks parkir 99,56%, dan Turn Over 1,688. Dengan hasil perhitungan, didapatkan kebutuhan lahan parkir adalah 652,5 m2 - 900 m2. Melalui analisis regresi faktor yang memengaruhi akumulasi parkir adalah jumlah kehadiran perkuliahan dan dilakukan prediksi pertumbuhan mahasiswa dengan bedasarkan tren pertumbuhan dibutuhkan 1137 m2 - 2057 m2. Desain pola parkir dilakukan menggunakan pola 30°, 45°, 60°, dan 90° mendapatkan hasil 786 kendaraan sepeda motor yang dapat ditampung pada UPJ.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Satuan Ruang Parkir, Parkir Sepeda Motor, Pola Parkir
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Markalef Wijaya Indraningrat
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:25
Last Modified: 23 Jul 2024 08:26
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/8933

Actions (login required)

View Item View Item