Analisis Peningkatan Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Menggunakan Software PTV Vissim (Studi Kasus: Simpang Kompas, Ciputat Timur)

Hardiansyah, Ilhan Safaraz (2024) Analisis Peningkatan Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Menggunakan Software PTV Vissim (Studi Kasus: Simpang Kompas, Ciputat Timur). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (397kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (274kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (351kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (342kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (248kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (652kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (598kB)

Abstract

Simpang Kompas merupakan jalan alternatif bagi para pengemudi yang ingin bepergian ke arah Ciputat, Lebak Bulus, maupun Jakarta, namun tidak ingin melewati Pasar Ciputat. Hal tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan volume lalu lintas yang melewati simpang, sehingga sering terjadi kemacetan pada simpang tersebut, terutama pada jam-jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dari Simpang Kompas menggunakan PKJI 2023 dan simulasi menggunakan Software PTV Vissim Student Version 8.0. Kemudian akan diberikan solusi yang tepat untuk meningkatkan kinerja dari Simpang Kompas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan PKJI 2023, pada kondisi eksisting diperoleh nilai kapasitas (C) sebesar 2621 SMP/Jam, derajat kejenuhan (D_J) sebesar 0,864, dan tundaan simpang sebesar 16,48 detik/smp dengan tingkat pelayanan simpang adalah C. Disamping itu, dengan menggunakan Software PTV Visssim Student Version 8.0, didapatkan panjang antrian rata-rata sebesar 104,21 m, dan panjang antrian maksimum sebesar 154,89 m. Dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,864, perlu ditingkatkan kinerja dari simpang tersebut agar dapat bekerja dengan lebih optimal. Berdasarkan analisis skenario yang telah dilakukan, dengan menggunakan PKJI 2023, didapatkan skenario yang paling efektif adalah dengan melakukan pelebaran jalan 2 m untuk setiap lengan dan penerapan APILL sinyal 2 fase. Dalam pada itu, dengan menggunakan pemodelan Software PTV Visssim, didapatkan skenario yang paling efektif adalah dengan melakukan pelebaran jalan 1 m untuk setiap lengan. Dengan dua hasil tersebut, masih diperlukan faktor-faktor lain untuk mengambil keputusan yang tepat.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Simpang Kompas, PKJI 2023, Software PTV Vissim, Derajat Kejenuhan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Ilhan Safaraz Hardiansyah
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:27
Last Modified: 22 Jul 2024 01:27
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9022

Actions (login required)

View Item View Item