Pengaruh Emotional Intelligence terhadap College Adjustment pada Mahasiswa Tingkat Satu

Anjani, Pricilya Zalsa (2024) Pengaruh Emotional Intelligence terhadap College Adjustment pada Mahasiswa Tingkat Satu. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
01. Pendahuluan.pdf

Download (575kB)
[img] Text
02. Abstract.pdf

Download (145kB)
[img] Text
03. Abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text
04. Daftar Isi.pdf

Download (167kB)
[img] Text
05. Daftar Gambar.pdf

Download (141kB)
[img] Text
06. Daftar Tabel.pdf

Download (145kB)
[img] Text
07. Daftar Lampiran.pdf

Download (146kB)
[img] Text
08. BAB 1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
09. BAB 2.pdf

Download (333kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (472kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf

Download (425kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (358kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
15. Berita Unggah Mandiri.pdf

Download (288kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (588kB)

Abstract

Kecerdasan emosional menjadi hal yang perlu diperhatikan terlebih pada saat masa transisi seperti yang terjadi pada mahasiswa tingkat satu yang baru saja memasuki perguruan tinggi. Mahasiswa adalah individu yang tengah menjalankan suatu proses pendidikan di perguruan tinggi, masa transisi yang mulanya masih di bangku sekolah saat ini dituntut untuk menjadi lebih mandiri dan disiplin maka dari itu kecerdasan emosi sangat diperlukan untuk melakukan penyesuaikan diri di perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh emotional intelligence terhadap college adjustment pada mahasiswa tingkat satu, penelitian ini terdiri dari 356 mahasiswa tingkat satu dengan usia 18-21 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Trait Emotional Intelligence Questionnaire Short Form (TEIQUE-SF) yang diadaptasi oleh Febriana (2021) dan Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) yang diadaptasi oleh Soraya (2020), peneliti melakukan empat uji asumsi, yaitu uji normalitas, linearitas, independensi eror, dan homoskedastistas. hasil uji asumsi yang terpenuhi pada penelitian ini adalah uji linearitas, maka dari itu uji hipotesis menggunakan teknik regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian uji asumsi dengan menggunakan teknik regresi logistik menunjukkan bahwa emotional intelligence memiliki pengaruh yang positif terhadap college adjustment pada mahasiswa tingkat satu. Artinya apabila mahasiswa tingkat satu memiliki emotional intelligence yang tinggi, maka semakin tinggi pula college adjustment mahasiswa tingkat satu.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, Penyesuaian diri di perguruan tinggi, Mahasiswa tingkat satu
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Pricilya Zalsa Anjani
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:37
Last Modified: 26 Jul 2024 07:38
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9281

Actions (login required)

View Item View Item