Pengaruh Psychological Ownership terhadap Voice Behavior pada Karyawan Gen Z

Kinanti, Aulia Diaz (2024) Pengaruh Psychological Ownership terhadap Voice Behavior pada Karyawan Gen Z. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (678kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (169kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (121kB)
[img] Text
5. Daftar Tabel.pdf

Download (104kB)
[img] Text
6. Daftar Gambar.pdf

Download (101kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (105kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (290kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (362kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (276kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (522kB)

Abstract

Gen Z mulai memasuki dunia kerja dan dinilai akan mendominasi tenaga kerja global pada tahun 2025. Dalam dunia kerja, Gen Z dinilai memiliki norma yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Perbedaan ini menjadi sebuah kebutuhan bagi departemen SDM untuk mengembangkan nilai dan budaya perusahaan yang mampu mendukung Gen Z untuk bersuara dan membawa pandangan baru bagi perusahaan. Rasa kepemilikan yang dimiliki karyawan terhadap perusahaan dapat mendorong Gen Z untuk terlibat aktif dalam bersuara. Hal ini dikarenakan adanya perasaan memiliki kontrol atas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psychological ownership terhadap voice behavior pada karyawan Gen Z. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Psychological Ownership Scale (POS) dan Voice Behavior Scale (VBS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan regresi linear sederhana sebagai metode pengolahan data. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan sebesar 7,5% (R2 = 0,075, p<0,001) dari psychological ownership terhadap voice behavior pada karyawan Gen Z. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa psychological ownership memiliki pengaruh yang kecil dan positif signifikan terhadap voice behavior pada karyawan Gen Z.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perilaku bersuara, kepemilikan psikologis, karyawan Gen Z
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Aulia Diaz Kinanti
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:39
Last Modified: 25 Jul 2024 04:39
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item View Item