Pengemasan Pesan Politik Caleg Artis Uya Kuya pada Konten Tiktok (Analisis Isi Kualitatif akun Tiktok @king.uyakuya pada Periode Kampanye Pemilu 2024 (28 November 2023-10 Februari 2024)

Zein, Putri Harleyar Nandar (2024) Pengemasan Pesan Politik Caleg Artis Uya Kuya pada Konten Tiktok (Analisis Isi Kualitatif akun Tiktok @king.uyakuya pada Periode Kampanye Pemilu 2024 (28 November 2023-10 Februari 2024). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (138kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (98kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (98kB)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (367kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf

Download (482kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (84kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (768kB)
[img] Text
15. BERITA ACARA UNGGAH MANDIRI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
16. BUKTI LOLOS PLAGIARISME.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengemasan pesan yang dilakukan oleh Caleg artis, yaitu Uya Kuya, yang dilakukan melalui media sosial Tiktok nya selama masa kampanye resmi yang dimulai pada bulan November 2023 sampai Februari 2024. Penelitian ini penting dilakukan untuk melihat bagaimana pesan yang memang ingin menunjukkan untuk membangun dan menciptakan suatu realibilitas dalam mempengaruhi yang sangat siginifikan dimata orang lain. Uya Kuya adalah seorang presenter penyiar radio, pemain film, komedian, penyanyi dan juga rapper yang di mana saat ini dirinya menjadi salah satu caleg DPR RI dapil Jakarta. Dalam menjalankan visi misi dan program kerja yang akan dijalankan Caleg Uya Kuya memanfaatkan platform Tiktok pribadinya untuk melakukan kampanye di media sosial dengan membuat 125 konten sebagai bahan penelitian utama pada penulisan laporan ini. Uya Kuya menggunakan tema pesan politik bertemakan kampanye yang menjadi topik utama dalam penelitian ini. Pengemasan pesan yang dilakukan oleh caleg Uya Kuya ini disampaikan melalui isi konten politik bingkai isu yang membahas mengenai isu-isu politik terkini yang ada di sekitar masyarakat. Pengemasan pesan sesuai indikator dapat dilihat dari segi isi pesan, gaya pengambilan video, jenis rekaman, aktor utama, interaksi, gaya pengambilan video, sumber, genre, format, dan juga tema pesan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma post-postivisme, dengan metode analisis isi kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Caleg Uya Kuya menggunakan tema pesan politik bertajukan kampanye dengan menggunakan dirinya sebagai aktor utama dalam menyampaikan pesan politik bingkai isu.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tiktok, Uya Kuya, Tema Pesan, Komunikasi Politik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Putri Harleyar Nandar Zein
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:57
Last Modified: 26 Jul 2024 01:58
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9318

Actions (login required)

View Item View Item