Sitohang, Hilary Marito (2024) Politainment Calon Presiden 2024 di Tiktok (Analisis Isi Konten Kampanye Online Ganjar Pranowo pada Akun TikTok @ganjarpranowo Periode 28 November 2023 - 10 Februari 2024). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
01. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRACT.pdf Download (717kB) |
|
Text
03. ABSTRAK.pdf Download (657kB) |
|
Text
04. DAFTAR ISI.pdf Download (656kB) |
|
Text
05. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (576kB) |
|
Text
06. DAFTAR TABEL.pdf Download (575kB) |
|
Text
07. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (654kB) |
|
Text
08. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
09. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (397kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (579kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
Berita Acara Unggahan Mandiri KTI Mahasiswa.pdf Download (191kB) |
|
Text
Bukti Lolos Plagiarisme.pdf Download (884kB) |
Abstract
Strategi politic entertaiment (politainment) mencerminkan perubahan signifikan dalam praktik kampanye politik Calon Presiden dalam skala global. Strategi ini pula yang diaplikasikan kandidat Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo pada platform TikTok pribadinya @ganjarpranowo selama masa kampanye PilPres 2024. Politainment merujuk pada simplifikasi agenda, pesan, informasi bahkan aktor politik itu sendiri dalam format yang menghibur. Maraknya penggunaan startegi politainment disebabkan oleh potensinya untuk mengubah konsep politik yang semula kompleks dan berat menjadi hal yang lebih menarik bagi masyarakat dengan kepekaan politik yang rendah. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana pengemasan strategi politainment Ganjar Pranowo melalui analisis isi konten kampanye politik online di akun TikTok @ganjarpranowo. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis isi kualitatif dengan menganalisa tema konten, bentuk politainment serta tanggapan audiens. Adapun temuan penelitian antara lain konten kampanye TikTok Ganjar Pranowo didominasi tema sosial dan informasi personal serta visi misi dan program kerja, yang sebagian besar dikemas dengan bentuk tabloisasi. Analisis penelitian ini menyatakan bahwa startegi politainment Ganjar Pranowo dalam kampanye onlinenya diterima dengan baik oleh audiens.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Politainment, Kampanye Politik, Kampanye Online |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Hilary Marito Sitohang |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:45 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9352 |
Actions (login required)
View Item |