Pengembangan dan Profesionalisme Praktek Mengajar melalui Program Kuliah Kerja Profesi di SMA Bunda Mulia

Yoseph, N.M, Leonardus (2025) Pengembangan dan Profesionalisme Praktek Mengajar melalui Program Kuliah Kerja Profesi di SMA Bunda Mulia. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Prakata.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (975kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (538kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI Leonardus 2021021237.pdf

Download (619kB)
[img] Text
Hasil Similarity.pdf

Download (392kB)

Abstract

Laporan Kerja Profesi ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban akademik atas pelaksanaan praktik mengajar di SMA Bunda Mulia Jakarta, yang berlangsung dari 14 Juli 2023 hingga 14 Juli 2025. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengintegrasikan teori manajemen dan pendidikan yang telah dipelajari selama masa perkuliahan ke dalam praktik nyata sebagai pendidik di bidang Seni Budaya/Seni Musik. Selama menjalankan tugas, penulis bertanggung jawab dalam menyusun perangkat pembelajaran, mengelola kelas, melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, serta berkolaborasi dengan guru lain dalam pengembangan kurikulum berbasis Kurikulum Merdeka dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Laporan ini juga mengulas berbagai tantangan seperti rendahnya motivasi siswa, keterbatasan fasilitas, serta perbedaan kemampuan siswa yang diatasi melalui pendekatan personal, penggunaan teknologi musik digital, dan pembelajaran berdiferensiasi. Melalui pengalaman ini, penulis memperoleh wawasan mendalam tentang peran strategis guru dalam membentuk karakter dan kompetensi siswa, serta pentingnya pengembangan sumber daya manusia (SDM) pendidikan yang adaptif, kolaboratif, dan profesional. Laporan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa, pendidik, serta pemangku kebijakan pendidikan dalam mengembangkan model kerja profesi yang efektif dan kontekstual.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kerja profesi, seni musik, pengembangan SDM pendidikan, Kurikulum Merdeka, pembelajaran berdiferensiasi, guru profesional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Leonardus Yosep N.M
Date Deposited: 04 Jul 2025 11:20
Last Modified: 04 Jul 2025 11:21
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item View Item