Aisyah, Siti (2025) Gambaran Kerja Asisten Konselor di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Aulady. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
Orisinalitas.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
Prakata.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
Lampiran Lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
Bukti Lolos Similarity.pdf Download (616kB) |
Abstract
Kerja Profesi (KP) merupakan bagian dari proses pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menerapkan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan. Salah satu profil lulusan Program Studi Psikologi adalah menjadi Asisten konselor yang memiliki kompetensi dalam memberikan layanan dasar seperti konseling, pelatihan, serta asesmen psikologis di lingkungan sekolah. Praktikan melaksanakan kegiatan kerja profesi di SMAIT Aulady, dalam durasi waktu 200 jam (25 Hari). Alasan praktikan dalam memilih posisi kerja sebagai asisten konselor, yaitu; (1) Posisi ini sangat penting bagi instansi pendidikan, (2) Praktikan memperoleh pengalaman tentang proses konseling individu siswa, (3) Praktikan berharap dapat mengambil pengalaman tentang proses psikoedukasi peserta didik. Praktikan memiliki beberapa tugas saat melakukan kerja profesi antara lain yaitu; (a) Melakukan Konseling Individu, (b) Melakukan Psikoedukasi dengan pelatihan dan psikoedukasi non pelatihan (c) Melakukan Observasi. Dalam proses pelaksanaan, praktikan menghadapi beberapa kendala seperti keterbatasan informasi siswa, kesulitan penjadwalan sesi karena berbenturan dengan waktu belajar siswa, serta keterbatasan waktu kerja profesi yang menghambat proses tindak lanjut. Meski demikian, praktikan memperoleh pelajaran berharga terkait pentingnya koordinasi, fleksibilitas, dan penerapan keterampilan komunikasi serta konseling yang empatik. Kegiatan ini memperkuat kesiapan praktikan sebagai calon profesional psikologi yang mampu beradaptasi di lingkungan pendidikan.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asisten Konselor, Kerja profesi, Konseling |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi |
Depositing User: | Siti Aisyah |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:13 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:15 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |