Gambaran Kerja Asisten Konselor di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Aulady

Aisyah, Siti (2025) Gambaran Kerja Asisten Konselor di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Aulady. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Orisinalitas.pdf

Download (439kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Prakata.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Lampiran Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (616kB)

Abstract

Kerja Profesi (KP) merupakan bagian dari proses pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menerapkan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan. Salah satu profil lulusan Program Studi Psikologi adalah menjadi Asisten konselor yang memiliki kompetensi dalam memberikan layanan dasar seperti konseling, pelatihan, serta asesmen psikologis di lingkungan sekolah. Praktikan melaksanakan kegiatan kerja profesi di SMAIT Aulady, dalam durasi waktu 200 jam (25 Hari). Alasan praktikan dalam memilih posisi kerja sebagai asisten konselor, yaitu; (1) Posisi ini sangat penting bagi instansi pendidikan, (2) Praktikan memperoleh pengalaman tentang proses konseling individu siswa, (3) Praktikan berharap dapat mengambil pengalaman tentang proses psikoedukasi peserta didik. Praktikan memiliki beberapa tugas saat melakukan kerja profesi antara lain yaitu; (a) Melakukan Konseling Individu, (b) Melakukan Psikoedukasi dengan pelatihan dan psikoedukasi non pelatihan (c) Melakukan Observasi. Dalam proses pelaksanaan, praktikan menghadapi beberapa kendala seperti keterbatasan informasi siswa, kesulitan penjadwalan sesi karena berbenturan dengan waktu belajar siswa, serta keterbatasan waktu kerja profesi yang menghambat proses tindak lanjut. Meski demikian, praktikan memperoleh pelajaran berharga terkait pentingnya koordinasi, fleksibilitas, dan penerapan keterampilan komunikasi serta konseling yang empatik. Kegiatan ini memperkuat kesiapan praktikan sebagai calon profesional psikologi yang mampu beradaptasi di lingkungan pendidikan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Asisten Konselor, Kerja profesi, Konseling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:13
Last Modified: 23 Jul 2025 04:15
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item