Gambaran Kerja Profesi Asisten Guru ABK di Mutiara Harapan Islamic School

Tungka, Gabriele Ariel (2025) Gambaran Kerja Profesi Asisten Guru ABK di Mutiara Harapan Islamic School. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Lembar Orisinalitas.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (357kB)
[img] Text
Prakata.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similiarity (Plagiarism Check).pdf

Download (296kB)

Abstract

Taman Kanak-kanak (TK) menjadi pendidikan awal yang ditempuh oleh seorang anak sebelum memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Di Indonesia sendiri taman kanak-kanak sudah memiliki program pendidikan inklusi yang di mana Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di tempatkan di kelas yang sama dengan siswa lainnya. Praktikan yang merupakan mahasiswa program studi Psikologi, Universitas Pembangunan Jaya melakukan Kerja Profesi (KP) di TK Mutiara Harapan Islamic School (MHIS) untuk menangani siswa ABK di kelas inklusi. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan praktikan sebuah pengalaman dalam melakukan pekerjaan sebagai asisten guru yang menangani siswa ABK. Praktikan menjalani kegiatan seperti membantu wali kelas dalam kegiatan belajar mengajar di kelas inklusi dan melakukan observasi terhadap siswa ABK saat kegiatan pembelajaran. Hasil observasi menemukan bahwa terdapat siswa ABK memiliki kekurangan dalam bidang motorik dan sensoriknya. Maka praktikan melaksanakan psikoedukasi pelatihan play-based learning kepada siswa ABK untuk melatih kemampuan motorik dan sensorik siswa yang didukung juga oleh teori Piaget mengenai perkembangan anak pada tahap pra-operasional.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ABK, Asisten Guru, Kerja Profesi, Psikoedukasi, Taman kanak-kanak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Gabriele Ariel Tungka
Date Deposited: 31 Jul 2025 11:04
Last Modified: 31 Jul 2025 11:07
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11515

Actions (login required)

View Item View Item