Bilhaq, Muhammad Kimi (2025) Perancangan Video Motion Graphic "Pikir Sebelum Mengetik" sebagai Media Kampanye Pencegahan Cyberbullying untuk Remaja SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
Pendahuluan.pdf Download (641kB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (888kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (721kB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
Bukti Similarity.pdf Download (591kB) |
Abstract
Cyberbullying merupakan salah satu permasalahan sosial yang semakin mengkhawatirkan seiring meningkatnya penggunaan sosial media sosial di kalangan remaja, khususnya siswa SMA. Tindakan ini berdampak negatif terhadap kondisi psikologis korban, seperti muncul kecemasan, depresi, hingga kehilangan kepercayaan diri. Di kota besar seperti Jakarta, kasus Cyberbullying di kalangan pelajar mengalami peningkatan yang signifikan, dipengaruhi oleh tingginya intesitas aktivitas digital dan minimnya pemahaman akan etika berkomunikasi di dunia maya. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang media kampanye berupa video motion graphic berjudul “Pikir Sebelum Mengetik” sebagai bentuk edukasi preventif bagi remaja SMA agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Methods, yakni dengan melakukan wawancara terhadap guru bimbingan konseling (BK) dan kuisioner terhadap siswa SMA. Video motion graphic dipilih sebagai media utama karena berpotensi untuk menyampaikan pesan secara singkat, menarik dan mudah dibagikan pada platform digital yang akrab dengan remaja. Hasil perancangan menunjukkan bahwa pendekatan visual yang kuat dan naratif yang emosional berpotensi meningkatkan kesadaran serta bisa mendorong perubahan sikap dalam menghadapi Cyberbullying. Diharapkan dapat menjadi solusi komunikasi yang aplikatif dilingkungan sekolah maupun media sosial.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyberbullying, Motion Graphic, Kampanye Sosial, Remaja SMA |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Muhammad Kimi Bilhaq |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 04:11 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 04:12 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |