Pengaruh Motif Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Kepuasan Followers Terkait Literasi Feminisme (Studi Korelasi Instagram @Indonesiafeminis pada Followers Generasi Millennial)

Sugiarto, Alfin (2022) Pengaruh Motif Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Kepuasan Followers Terkait Literasi Feminisme (Studi Korelasi Instagram @Indonesiafeminis pada Followers Generasi Millennial). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (887kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (169kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (164kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (156kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (161kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (162kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (154kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (599kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (597kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (992kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Media sosial Instagram kini telah dimanfaatkan oleh para feminis guna mengungkapkan aspirasi ataupun menyebarluaskan informasi feminis serta isu sosial lainnya. Salah satu akun yang mempublikasikan konten literasi feminisme dalam media sosial Instagram yaitu @indonesiafeminis. Individu memiliki motif tertentu dalam menggunakan suatu media tentunya berkaitan oleh kegunaan serta kepuasan media tersebut. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pengaruh motif pemanfaatan media sosial Instagram @indonesiafeminis terhadap kepuasan followers generasi millennial terkait literasi feminisme. Penelitian ini dikaji dengan merujuk pada teori Uses and Gratification. Penelitian dikaji menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survey dengan pengumpulan data kuesioner. Berdasarkan analisis pada data terhadap 400 responden menunjukkan terdapat adanya pengaruh motif pemanfaatan media sosial Instagram @indonesiafeminis terhadap kepuasan followers generasi millennial terkait literasi feminisme, yaitu senilai 0,859 yang tergolong sangat kuat. Dimensi variabel X yaitu motif informasi memperoleh hasil tertinggi yang paling mempengaruhi kepuasan. Dimensi variabel Y yaitu kepuasan informasi memperoleh hasil tertinggi yang paling terpengaruhi. Motif pemanfaatan media sosial Instagram @indonesiafeminis berpengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan followers generasi millennial terkait literasi feminisme, dengan pengaruh senilai 73,78%.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Uses and Gratification, Instagram, Feminisme, Millennials
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Alfin Sugiarto
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:12
Last Modified: 11 Jul 2022 06:12
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2887

Actions (login required)

View Item View Item