Camila, - (2023) Perancangan Board Game "Elemion" sebagai Sarana Pembelajaran Tabel Periodik Unsur Kimia. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (128kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (167kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (133kB) |
|
Text
Daftar Gambar.pdf Download (122kB) |
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (110kB) |
|
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (154kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (134kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (85kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran tabel periodik unsur kimia seringkali menjadi permasalahan dalam lingkup sekolah karena adanya metode pembelajaran yang kurang tepat. Metode pembelajaran yang dimaksud tersebut adalah metode penyampaian materi satu arah, sebuah metode yang tidak interaktif. Hal ini menjadikan siswa-siswi SMA lebih sulit memproses sejumlah informasi besar yang dipaparkan. Oleh karena hal tersebut pula, mereka kekurangan waktu belajar yang sungguh-sungguh. Kedua hal tersebut tentu saja menghambat pembelajaran, khususnya dalam menguasai tabel periodik unsur kimia. Maka dari itu, Penulis mengajukan solusi sarana pembelajaran berupa board game bertajuk “Elemion” yang lebih interaktif, fleksibel, dan membuat lingkungan belajar lebih menarik. Permainan dengan konsep strategi ini dapat dimainkan oleh dua hingga empat orang dengan komponen permainan berupa kartu permainan, papan permainan, token penggerak, token penanda, dan dadu. Unsur-unsur dalam tabel periodik unsur juga dikembangkan ke dalam karakter unik sebagai visualisasi setiap unsur menurut karakteristiknya masing-masing. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses penyerapan informasi (informatif) oleh para pemain. Tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah berpengetahuan terkait tabel periodik unsur, board game ini dirancang untuk tetap dapat dimainkan oleh orang-orang yang tidak familiar sama sekali dengan kimia.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tabel Periodik Unsur, Interaktif, Fleksibel, Strategi, Visualisasi, Informatif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NE Print media Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Camila Camila |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:11 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:11 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6353 |
Actions (login required)
View Item |