Rana, Ishan Rizky (2024) Penggambaran Pesan Edukasi Seputar Karier Melalui Konten di TikTok (Analisis Isi Kualitatif Konten di Akun @vmuliana dan @theonlybuyo Periode Juli 2023 - Desember 2023). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (5MB) |
|
Text
2. Abstract.pdf Download (154kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (114kB) |
|
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (79kB) |
|
Text
5. Daftar Gambar.pdf Download (136kB) |
|
Text
6. Daftar Tabel.pdf Download (79kB) |
|
Text
7. Daftar Lampiran.pdf Download (76kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (945kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (10MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (226kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (188kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Download (4MB) |
|
Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri (3).pdf Download (770kB) |
|
Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mengkonsumsi informasi saat ini menjadi kebutuhan penting untuk memperoleh pengetahuan yang akurat. Khususnya edukasi seputar karier merupakan edukasi yang sangat penting di masa ini karena dunia kerja terus berubah dan berkembang serta persaingan di dunia kerja juga semakin ketat. Sehingga dibutuhkan konten edukasi seputar karier yang komprehensif, menarik, dan mudah dipahami. Kehadiran akun TikTok @vmuliana dan @theonlybuyo sebagai saluran untuk menyebarkan edukasi seputar karier memudahkan akses masyarakat terhadap pengetahuan. Penelitian ini bertujuan bukan untuk mengkomparasikan tetapi untuk menganalisis penggambaran pesan edukasi seputar karier melalui konten di TikTok @vmuliana dan @theonlybuyo dari bulan Juli hingga Desember 2023 menggunakan metode analisis isi (content analysis). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menguji reliabilitas lembar kode menggunakan rumus Holsti dengan hasil reliabilitas sebesar 91%. Hasil penelitian menemukan kesamaan antara @vmuliana dan @theonlybuyo dalam message sideness, order of presentation, daya tarik pesan, dan kandungan pesan di TikTok. Kedua akun dominan menggunakan pesan dua sisi, urutan penyajian primacy, daya tarik rasional, dan pesan informatif. Perbedaan utama terletak pada target audiens, fokus @vmuliana terhadap tema pesan Informasi Pekerjaan senilai 38% untuk para fresh graduate dan Bu Yo fokus pada tema pesan istilah pekerjaan senilai 32,56% untuk para pekerja yang sedang mengembangkan karier.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesan, Edukasi Seputar Karier, Vina Muliana, Yova Beltz, TikTok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ishan Rizky Rana |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:45 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:46 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9308 |
Actions (login required)
View Item |