Pengemasan Konten Sustainable Agriculture dalam Komunikasi Pemasaran Media Sosial Kubota Machinery Indonesia (Analisis Isi Kualitatif Instagram @kubota.kmi dalam Publikasi Konten Periode Maret 2024-Agustus 2024)

Yoga, Muhammad Mansya Jannata (2025) Pengemasan Konten Sustainable Agriculture dalam Komunikasi Pemasaran Media Sosial Kubota Machinery Indonesia (Analisis Isi Kualitatif Instagram @kubota.kmi dalam Publikasi Konten Periode Maret 2024-Agustus 2024). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1.PENDAHULUAN.pdf

Download (468kB)
[img] Text
2.ABSTRACT.pdf

Download (54kB)
[img] Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
4.DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
5.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (56kB)
[img] Text
6.DAFTAR TABEL.pdf

Download (49kB)
[img] Text
7.DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (613kB)
[img] Text
8.BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
9.BAB II.pdf

Download (227kB)
[img] Text
10.BAB III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12.BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text
14, LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
15.Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa Skripsi.pdf

Download (793kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (964kB)

Abstract

Pertanian menjadi salah satu sektor yang penting di Indonesia yakni sebesar 12,53% terhadap PDB nasional pada tahun 2023. Hal ini menunjukan posisi krusial pertanian sebagai sumber pendapatan utama masyarakat. Disisi lain, konsep ramah lingkungan atau keberlanjutan ekologis saat ini juga menjadi perhatian dunia sebagaimana tertuang dalam Sustainable Development Program 2030 dimana adanya manifestasi pola dan struktur pertanian yang berkelanjutan sebagai salah satu pilar. Ku bota Machinery Indonesia sebagai anak perusahaan Kubota Coorporations Global Jepang penyedia alat dan mesin pertanian (alsintan) juga memiliki perhatian terhadap hal tersebut terutama dalam upaya menurunkan konsep sustainable agriculture pada aktivitas komunikasi pemasaran yang dijalankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengemasan konten Instagram @kubota.kmi dalam pengemasan konten sustainable agriculture sebagai komponen pendukung komunikasi pemasaran yang dilakukan Kubota Machinery Indonesia pada periode Maret 2024 - Agustus 2024. Adapun rangkaian penelitian ini mengadopsi metode analisis isi kualitatif dengan total unit analisis sebanyak 175 konten dengan empat kategori utama sebagai komponen coding yakni tema pesan konten, bentuk pesan konten, tema pemasaran konten, dan format pesan konten. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya keterkaitan erat dan kombinasi efektif antara antara hard selling produk pertanian dengan konten edukatif yang disandarkan pada konsep sustainable agriculture yang diturunkan pada konten secara bertahap dengan integrasi yang halus dan mengutamakan sifat konten yang audiens-sentris. Dengan demikian, Kubota Machinery Indonesia telah berhasil membangun kesadaran merek melalui beragam format terutama carousel dan pendekatan yang berfokus pada audiens di Instagram @kubota.kmi. Penerapan strategi komunikasi pemasaran ini juga mengintegrasikan promosi produk dengan nilai-nilai sustainable agriculture, sehingga relevan dengan minat dan kebutuhan audiens.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengemasan Konten, Sustainable Agriculture, Kubota Machinery Indonesia, Komunikasi Pemasaran, Instagram,
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Mansya Jannata Yoga
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:46
Last Modified: 05 Feb 2025 06:52
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item