Pengaruh Penyesuaian di Perguruan Tinggi terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya Semester Genap TA 2021/2022

Safira, Nabilah Alif Luthfiati (2022) Pengaruh Penyesuaian di Perguruan Tinggi terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya Semester Genap TA 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (782kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (73kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB)
[img] Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (71kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (219kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (255kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf

Download (314kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (96kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya perubahan proses pembelajaran bagi mahasiswa, membuat mereka harus dapat menyesuaikan diri di perguruan tinggi kembali, baik pada mahasiswa baru ataupun mahasiswa tingkat atas. Penyesuaian cukup penting dilakukan agar mahasiswa dapat menghadapi tuntutan akademik dengan baik, sehingga dapat mengurangi munculnya stres akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang terjadi antara penyesuaian di perguruan tinggi terhadap stres akademik pada mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif, serta analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang cukup signifikan pada penyesuaian di perguruan tingg terhadap stres akademik pada mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya, sebesar 54,5%. Maka dari itu, Ha penelitian ini diterima. Uji beda yang dilakukan menggunakan Mann-Whitney mendapatkan hasil bahwa penyesuaian di perguruan tinggi pada mahasiswa semester 2-4 dengan semester 6-di atas 10 memiliki perbedaan yang signifikan namun kecil (p=0,003) yang berarti skor p di bawah 0,05, sedangkan stres akademi pada mahasiswa semester 2-4 dengan semester 6-di atas 10, tidak memiliki perbedaan yang signifikan (p=0,538), skor p berada di atas 0,05.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penyesuaian di perguruan tinggi, stres akademik, mahasiswa semester genap
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Mrs Nabilah Alif Luthfiati Safira
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:45
Last Modified: 15 Jul 2022 02:45
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/3035

Actions (login required)

View Item View Item