Pengemasan Pesan Politik Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024 (Analisis Isi Kuantitatif pada Media Sosial Instagram @pinterpolitik dalam Periode Oktober 2023 - Februari 2024)

Safria, Mutiara Putri (2024) Pengemasan Pesan Politik Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024 (Analisis Isi Kuantitatif pada Media Sosial Instagram @pinterpolitik dalam Periode Oktober 2023 - Februari 2024). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (733kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (681kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (540kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (539kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (533kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (968kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (629kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BERITA ACARA UNGGAH MANDIRI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BUKTI LOLOS PLAGIASI.pdf

Download (796kB)

Abstract

Salah satu akun Instagram yang membagikan informasi mengenai politik adalah @pinterpolitik. Tahun 2024 merupakan tahun di mana pemilihan umum 2024 diselenggarakan. Pada kampanye pemilu tahun 2024 ini menunjukkan adanya perbedaan di dalam cara berkampanye, aktivitas kampanye politik sangat banyak terlihat di dalam media sosial. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengemasan pesan politik calon presiden dan calon wakil presiden 2024 pada akun Instagram @pinterpolitik dalam periode Oktober 2023-Februari 2024. Penelitian ini adalah penelitian analisis isi kualitatif dengan metode pengujian data menggunakan rumus holsti. Terdapat lima kategori pada penelitian ini, yaitu tema pesan, bentuk komunikasi, bentuk konten, capres – cawapres 2024, dan bentuk tanggapan. Hasil dari penelitian ini yang peling mendominasi ialah pembahasan mengenai tokoh politik semua paslon sebanyak 30%, tema pesan strategi politik sebanyak 55%, bentuk komunikasi informatif sebanyak 74%, bentuk konten gambar 76%. Temuan menarik pada penelitian ini adalah pasangan calon nomor urut 2 yang identik dengan Pengemasan tema pesan strategi politik dan pasangan calon nomor urut 3 yang identik dengan pengemasan tema pesan politik identitas, sedangkan pasangan calon nomor urut 3 terbilang memiliki Pengemasan tema pesan yang seimbang diantara semua indikator tema pesan. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian terkait dengan efektivitas akun Instagram edukasi politik.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi Kuantitatif, Akun Instagram @pinterpolitik, Kampanye, Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Pemilu 2024.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mutiara Putri Safria
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:37
Last Modified: 31 Jul 2024 07:37
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/9424

Actions (login required)

View Item View Item