Optimasi Proses Bisnis pada Layanan Pengaduan Masyarakat Studi Kasus: Lapor! Kemendagri

Rudianto, - (2025) Optimasi Proses Bisnis pada Layanan Pengaduan Masyarakat Studi Kasus: Lapor! Kemendagri. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (631kB)
[img] Text
Prakata.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (994kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (374kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (323kB)

Abstract

Laporan kerja profesi ini membahas upaya optimasi proses bisnis pada layanan pengaduan masyarakat, dengan studi kasus sistem LAPOR! di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terutama di Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa. Penelitian difokuskan pada analisis alur proses saat ini, identifikasi proses yang kurang efisien, dan perancangan perbaikan alur menggunakan visualisasi flowchart. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan pemodelan proses bisnis menggunakan flowchart. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beberapa kekurangan dalam proses verifikasi laporan, distribusi/disposisi laporan, serta persetujuannya. Rekomendasi perbaikan mencakup standarisasi alur kerja dengan proses bisnis yang lebih optimal dengan menghilangkan proses yang tidak efisien. Optimasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kepuasan masyarakat terhadap layanan pengaduan. Laporan ini adalah bentuk kontribusi dalam pengembangan sistem layanan pemerintahan berbasis teknologi yang lebih responsif dan adaptif.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Sistem Informasi
Depositing User: Rudianto Rudianto
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:36
Last Modified: 01 Jul 2025 07:39
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10944

Actions (login required)

View Item View Item