Rudianto, - (2025) Optimasi Proses Bisnis pada Layanan Pengaduan Masyarakat Studi Kasus: Lapor! Kemendagri. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
Prakata.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (994kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
Bukti Lolos Similarity.pdf Download (323kB) |
Abstract
Laporan kerja profesi ini membahas upaya optimasi proses bisnis pada layanan pengaduan masyarakat, dengan studi kasus sistem LAPOR! di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terutama di Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa. Penelitian difokuskan pada analisis alur proses saat ini, identifikasi proses yang kurang efisien, dan perancangan perbaikan alur menggunakan visualisasi flowchart. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan pemodelan proses bisnis menggunakan flowchart. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beberapa kekurangan dalam proses verifikasi laporan, distribusi/disposisi laporan, serta persetujuannya. Rekomendasi perbaikan mencakup standarisasi alur kerja dengan proses bisnis yang lebih optimal dengan menghilangkan proses yang tidak efisien. Optimasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kepuasan masyarakat terhadap layanan pengaduan. Laporan ini adalah bentuk kontribusi dalam pengembangan sistem layanan pemerintahan berbasis teknologi yang lebih responsif dan adaptif.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Sistem Informasi |
Depositing User: | Rudianto Rudianto |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:39 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |