Juldiawan, Bintang Firzha (2025) Pengembangan Kemasan Produk Makanan Tradisional Aromanis/Rambut Nenek. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (812kB) |
![]() |
Text
Abstrak eng.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
Abstrak id.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
Lampirann.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
Similarity.pdf Download (284kB) |
Abstract
Makanan tradisional seperti Aromanis memiliki nilai budaya dan ekonomi yang tinggi, namun pengemasannya saat ini belum menunjukkan perkembangan dari segi desain yang menarik dan mencirikan identitas industri kecil pembuatnya. Meskipun informasi produk seperti komposisi bahan, tanggal kadaluarsa, dan label halal sudah cukup memadai, kemasan yang digunakan belum mampu menjangkau segmentasi pasar secara efektif. Untuk mengatasinya, penelitian ini bertujuan mengembangkan konsep kemasan Aromanis yang lebih menarik dan sesuai dengan target pasar melalui pendekatan desain berbasis preferensi calon pembeli dan masukan dari pelaku usaha kecil. Metode penelitian melibatkan wawancara dengan 20 calon pembeli untuk mengetahui harapan terhadap desain kemasan, serta wawancara dengan pemilik usaha untuk mengeksplorasi identitas visual yang ingin disampaikan. Selanjutnya dilakukan analisis isi (jumlah pcs per kemasan), bentuk fisik, dan sistem pola kemasan, lalu dilanjutkan dengan pembuatan mock-up dan prototipe final. Hasil menunjukkan bahwa varian Aromanis yang dikembangkan terdiri dari dua jenis, yaitu original dan berbagai macam rasa, dengan isi 8 pcs per kemasan. Berdasarkan hasil kuisioner dan wawancara, lima desain awal dibuat dan dipilih satu desain utama sebagai finalisasi. Dari desain final tersebut, dikembangkan lima varian visual yang disesuaikan dengan segmentasi pasar yang ditargetkan. Temuan ini membuka peluang yang lebih luas untuk meningkatkan daya saing Aromanis di pasar nasional. Desain kemasan baru tidak hanya meningkatkan tampilan visual produk, tetapi juga mendukung strategi pemasaran yang lebih efektif, sekaligus memperkuat identitas lokal dari industri kecil pembuatnya. Kata Kunci: Aromanis, kemasan inovatif, desain kemasan, segmentasi pasar, industri kecil
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Produk |
Depositing User: | Bintang Firzha Juldiawan |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:43 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:35 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |