Pengaruh Motif Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Kepuasan Followers Terkait Literasi Parenting (Studi Korelasi Instagram @Ibupedia_Id Periode Januari 2022 – Januari 2023 pada Generasi Milenial)

Harisa, Syafira Salsabillah (2023) Pengaruh Motif Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Kepuasan Followers Terkait Literasi Parenting (Studi Korelasi Instagram @Ibupedia_Id Periode Januari 2022 – Januari 2023 pada Generasi Milenial). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (519kB)
[img] Text
2. Abstrack.pdf

Download (149kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (139kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (76kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (80kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (74kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (710kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kehadiran media sosial saat ini kerap dimanfaatkan dikalangan orang tua milenial untuk memperoleh, memenuhi, dan menyebarluaskan informasi parenting. Salah satu akun yang mempublikasikan konten literasi parenting dalam media sosal Instagram yaitu @Ibupedia_Id. Berdasarkan data, sebesar 34% Ibu memanfaatkan Instagram sebagai media informasi untuk mencari informasi terkait parenting. Setiap individu memiliki motif tertentu dalam menggunakan suatu media yang mana berkaitan dengan kegunaan serta kepuasan dari media tersebut. Peneltian ini berfokus untuk melihat bagaimana pengaruh motif pemanfataan media sosial Instagram @Ibupedia_Id terhadap kepuasan followers orang tua milenial terkait literasi parenting. Penelitian ini dikaji menggunakan teori Uses and Gratification. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif melalui metode survei dengan pegumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari 400 responden menunjukan adanya pengaruh motif pemanfaatan media sosial Instagram terhadap kepuasan followers orang tua milenial terkait literasi parenting yaitu senilai 0,681 yang tergolong kuat. Dimensi variabel X yaitu motif identitas pribadi memperoleh hasil tertinggi yang paling mempengaruhi. Dimensi variabel Y yaitu kepuasan identitas pribadi memperoleh hasil tertinggi yang paling terpengaruhi. Motif pemanfaatan media sosial Instagram @Ibupedia_Id berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan followers orang tua milenial terkait literasi parenting dengan pengaruh senilai 46,38%.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Uses and Gratification, Instagram, Literasi Parenting, Generasi Milenial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Syafira Salsabillah Harisa
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:34
Last Modified: 24 Jul 2023 02:34
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6557

Actions (login required)

View Item View Item