Pengemasan Pesan Sadar Lingkungan di Instagram (Analisis Isi Kualitatif pada Akun Instagram @Siapdarling Periode November 2022 – Maret 2023)

Alrian, Raka Ramadhan (2023) Pengemasan Pesan Sadar Lingkungan di Instagram (Analisis Isi Kualitatif pada Akun Instagram @Siapdarling Periode November 2022 – Maret 2023). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (535kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (111kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (82kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (78kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (76kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (73kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (216kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengemasan pesan yang dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan hal lingkungan. Media sosial sebagai sarana berbagi informasi memiliki peran penting yang diharapkan dapat memberikan informasi terkait masalah-masalah lingkungan beserta solusinya. Siapdarling merupakan gerakan sadar lingkungan yang diinisiai oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui sosial media salah satunya yaitu Instagram untuk menyasar generasi muda dalam upaya menjaga lingkungan. Penelitian ini ditujukan untuk melihat pengemasan pesan yang digunakan oleh akun Instagram @Siapdarling. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui dokumentasi. hasil penelitian ini menunjukkan temuan bahwa konten-konten yang diunggah melalui Instagram @Siapdarling mengenai kesadaran lingkungan memberikan informasi dan mempersuasi masyarakat untuk selalu sadar menjaga lingkungan. Temuan dan interpretasi data penelitian ini didasari oleh konten Instagram @Siapdarling yang memenuhi kriteria, dan ditemukan pengemasan pesan yang dominan yaitu sisi pesan one sided (climax), order of presentation (motivational appeals) dan bentuk pesan (persuasif). Konten-konten tersebut mencakup berbagai informasi penting terkait kesadaran dalam upaya menjaga lingkungan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengemasan Pesan, Akun Instagram, Analisis Isi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Alrian Raka Ramadhan
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:57
Last Modified: 21 Jul 2023 03:57
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6572

Actions (login required)

View Item View Item